Resmi! Bawaslu Palembang Luncurkan Sekolah Volunteer Pengawasan Partisipatif pada Pemilihan Serentak 2024

Resmi! Bawaslu Palembang Luncurkan Sekolah Volunteer Pengawasan Partisipatif pada Pemilihan Serentak 2024

Bawaslu Kota Palembang Resmikan Peluncuran (Launching) Sekolah Volunteer Pengawasan Partisipatif Pada Pemilihan Serentak 2024. --

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID - Bawaslu Kota Palembang Resmikan Peluncuran (Launching) Sekolah Volunteer Pengawasan Partisipatif Pada Pemilihan Serentak 2024

Dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipasif pada Pemilihan Serentak 2024, dengan tema "Optimalisasi Peran Zilenial dan pemilih Pemula dalam pengawasan partisipasif pada pemilihan serentak tahun 2024. 

Bertempat di Grand Daira Hotel Palembang, 2 Agustus 2024, kegiatan dihadiri oleh kaum zilenial tersebut yakni para mahasiswa, kumpulan komunitas-komunitas pegiat sosial dan para media berantusias mengikuti kegiatan tersebut mulai dari tanggal 2 sampai dengan 4 agustus 2024.

Program Sekolah Volenteer tersebut tak terlepas dari cita-cita Lembaga Bawaslu dalam menumbuhkan dan melibatkan keikutsertaan masyarakat dalam proses pengawasan pada pelaksanaan Pemilu maupun Pemilihan yang sebagaimana diatur dalam Perbawaslu nomor 2 tahun 2023. 

BACA JUGA:Bawaslu Tegaskan Kampanye Saat Masa Tenang Bisa Kena Sanksi, Ada Pasal Pidananya

BACA JUGA:Bawaslu Ingatkan Transportasi Publik Tak Boleh Dipakai Kampanye

Dimana salah satu peran peran Bawaslu di tiap tingkatan pusat sampai dengan daerah Kabupaten/ Kota yakni melakukan Pendidikan Pengawasan Partisipatif, yang ditujukan pada seluruh lapisan masyarakat baik pemilih pemula, pemilih disabilitas, pemilih Perempuan, organisasi kemasyarakatan, serta mahasiswa dan pelajar. 

Bawaslu Kota Palembang melalui Koordinator Divisi Pencegahan Parmas dan Humas, Muslim menyebutkan akan pentingnya proses pelaksanaan perekrutan Volunteer tersebut;

"Adapun sekolah Volunteer Pengawasan ini adalah wujud dari strategi kami dalam melahirkan kader-kader pengawasan untuk nantinya kami akan memberikan edukasi serta nilai-nilai tentang pentingnya keterlibatan Masyarakat khusunya anak-anak muda dalam mengawal jalannya proses demokrasi di negara ini,"jelas dia.

Muslim juga umumkan launching  tersebut telah resmi dibuka malam ini.

BACA JUGA:Bawaslu Monitor Penjaringan PKD, Ingatkan Hal Ini

BACA JUGA:Pertama di Palembang Sneaker Week Festival Hadir di Palembang Icon

"Maka dari itu malam ini kami umumkan sekaligus kami mengajak sahabat-sahabat Bawaslu untuk mendaftarkan diri menjadi bagian dari Volunter Pengawasan Pemilihan serentak tahun 2024,"jelas dia. 

"Dan saya berharap melalui sekolah volunteer ini nantinya akan lahir para penerus Pengawas yang memiliki Integritas, kejujuran dan sikap yang tegas dalam menegakkan keadilan demokrasi di negara ini,"kata dia. 

Sumber: