Survei Pilkada Muba Terbaru, Charta Politika Indonesia Prediksi Apriyadi-Toha Lebih Diunggulkan

Survei Pilkada Muba Terbaru, Charta Politika Indonesia Prediksi Apriyadi-Toha Lebih Diunggulkan

H Apriyadi Mahmud yang berdasarkan survei Charta Politika Indonesia masih mendominasi suara pemilih untuk Pilkada Muba.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Charta Politika Indonesia mengeluarkan hasil temuan survei terbarunya, bakal pasangan calon (paslon) H Apriyadi Mahmud-HM Toha Tohet (Apriyadi-Toha) bakal unggul dari bakal paslon bupati dan wakil bupati lain dalam Pilkada Muba yang akan berlangsung november mendatang. 

Charta Politika yang juga tergabung dalam Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesi (PERSEPI) memotret  dalam uji simulasi tersebut  dukungan (elektabilitas) kepada Apriyadi-Toha, tetap konsisten di posisi teratas.

Peneliti Charta Politika Nacrudin mengatakan, uji simulasi paslon bupati dan wakil bupati yang dilakukan untuk mengetahui kemantapan pemilih, diperoleh data sebaga berikut, tahap pertama, paslon Apriyadi-Toha (48,5%)  dan Lucianty-Jon Kenedy (39%), serta  massa yang belum menentukan pilihan (12,5%). 

Tahap kedua paslon Apriyadi-Toha (50,5%) melawan  Lucianty-Edi Harianto (37,5%) dan massa yang belum menentukan pilihan (12%).

BACA JUGA:Jelang Pilkada Muba, Elektabilitas Apriyadi Kian tak Terbendung

"Kemudian paslon H Apriyadi Mahmud-HM Toha Tohet (48,5%) melawan  Lucianty-Abusari Burhan (38,3%) dan massa yang belum menentukan pilihan (13,3%)," kata Nachrudin, Kamis 27 Juni 2024.

Secara tarikan elektoral, Apriyadi Mahmud-HM Toha Tohet tetap unggul dari paslon bupati dan wakil lainnya dan  ada konsistensi kenaikkan dan keunggulan elektabilitas. 

Begitu juga dengan uji simulasi elktabilitas perseorangan, H Apriyadi Mahmud tetap unggul dari nama-nama calon laninya dan tidak pernah berada di urutan kedua atau ketiga.

Dalam uji simulasi calon wakil bupati, HM Toha Tohet  unggul dari nama calon  wakil bupati lainnya dan sangat besar dikehendaki pemilih untuk mendampingi H Apriyadi Mahmud menjadi wakil bupati Muba mendatang.

BACA JUGA:Golkar Usung Cabup Muba, Apriyadi: Terima Kasih Saya Fokus Jalankan Amanah

Selain itu, alasan pemilih menjatuhkan pilihan kepada calon bupati H Apriyadi Mahmud adalah orangnya berpengalaman di pemerintahan dan orangnya perhatian pada rakyat serta sudah ada bukti nyata hasil kerjanya. 

"Tiga alasan utama tersebut membuat elektabilitas H Apriyadi Mahmud semakin kuat. Sementara alasan memilih HM Toha Tohet adalah tokoh masyarakat dan  juga orangnya  perhatian pada rakyat," ujar dia.

Survei Charta Politika di gelar 31 Mei-6 Juni 2024 dengan melibatkan 400 responden yang tersebar secara proporsional di seluruh kecamatan di Kabupaten Musi Banyuasin.

BACA JUGA:Survei LKPI, 74 Persen Masyarakat Muba Puas dengan Kinerja Apriyadi

Sumber: