Pilkada Muba, Calon Bupati Lucianty Diprediksi Tanpa Lawan

Pilkada Muba, Calon Bupati Lucianty Diprediksi Tanpa Lawan

Direktur Eksekuti LKPI Arianto bicara soal Pilkada Muba.-ist-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Dukungan kepada calon Bupati Muba Lucianty terus mengalir. Dengan banyaknya dukungan partai politik, diprediksi Lucianty akan melawan kotak kosong pada Pilkada Muba yang akan berlangsung November mendatang. 

"Kami memprediksi Lucianty akan menghadapi kotak kosong, karena dukungan Lucianty semakin kuat dan banyak dari partai politik," kata Direktur Eksekuti LKPI Arianto, Jumat 26 Juli 2024.

Dikatakannya, calon Bupati Muba Lucianty yang justru merupakan satu-satunya calon yang sudah siap berlayar karena ketua Partai PKN Sumatera Selatan ini, terbuka lebar dan berpotensi besar tidak ada lawan “tanding” untuk memperebutkan kursi nomor satu di Kabupaten Muba nanti.

Sementara, bakal calon Bupati Muba Apriyadi Mahmud, Beni Hernedi, dan Ahmad Toha yang digadang-gadangkan akan bertarung, justru sampai saat ini masih belum lengkap partai pengusung dan pendukungnya.

BACA JUGA:Pilkada Muba, Hj Lucianty Kantongi Dukungan PKN, Siap Beri Kejutan Wakil Bupati

Kondisi ini, tentunya membuat partai politik yang masih belum mengeluarkan surat tugas/rekomendasi pada bakal calon bupati akan memotret bakal calon bupati yang telah mempunyai kesiapan partai pengusung. Tentunya satu-satunya  bakal calon bupati tersebut adalah Lucianty. 

“Konsistensi Lucianty dalam melakukan komunikasi politik di semua partai politik diakui  sangat brilian. Terbukti sudah banyak partai politik yang mengusungnya, kalau tidak salah Nasdem, PKB, PAN, PKN, Hanura, Perindo. Ini  tentunya merupakan modal utama untuk bisa maju dalam pilkada dan sudah dimiliki Lucianty," ujarnya.

Ia menyebut, berbeda dengan bakal calon lainnya, hanya Apriyadi Mahmud yang sudah didukung oleh PKS dan inipun masih belum cukup. Dengan kekurangan dukungan partai politik sebaga partai pengusung, tentunya akan susah untuk memenuhi syarat pencalonan yang ditetapkan KPUD.

"Demikian juga dengan Ahmad Toha, belum satu pun partai pengusung yang memberikan surat tugas/rekomendasi kalau saya baca dari media. Sekarang, tinggal Beni Hernedi yang merupakan Ketua Partai PDIP, masih menunggu apakah mengusung dirinya atau tidak," tukasnya.

BACA JUGA:Pilkada Muba 2024, Syekh Ahmad Rouhi Al Jailani Restui H Toha Tohet

Kalaupun Beni Hernedi akan maju dengan perahu PDIP, tambah dia, masih juga membutuhkan partai politik lainnya untuk berkoalisi. Jadi peluang Lucianty untuk mendapatkan partai politik pengusung lainnya sangat besar.

"Artinya, Lucianty berpotensi besar tidak ada lawan alias melawan kotak kosong pada pilkada nanti,” ungkap pria yang sudah 28 tahun menekuni bidang survei perilaku pemilih di Indonesia ini.

Tiket partai politik saat ini di Muba memang menjadi krusial bagi bakal calon yang akan maju di pilkada. Selain itu, lanjut mantan peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) ini, mesin partai politik merupakan  salah satu lokomotif yang kuat untuk mendongkrak elektabilitas dari bakal calon bupati.

Dengan semakin banyaknya partai politik yang telah mengeluarkan  surat tugas atau rekomendasi ke Lucianty, dipastikan akan menambah daya dobrak kekuatan elektoral pengusaha SPBU tersebut. 

Sumber: