PT PGN Tbk Berhasil Turunkan Emisi 598,39 Ton CO2 eq Sepanjang Tahun 2023

PT PGN Tbk Berhasil Turunkan Emisi 598,39 Ton CO2 eq Sepanjang Tahun 2023

PGN mendapatkan Penghargaan Transparansi Penurunan Emisi Korporasi Kategori Green dan Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Kategori Platinum. Penghargaan ini diselenggarakan oleh investortrust.id bekerjasama dengan Bumi Global Karbon Foundation (BGK F--dokumen/radarpalembang.com

BACA JUGA:PGN Kombinasikan Strategi Integrasi dan Agregasi Optimalisasi Pemanfaatan Gas Bumi Domestik di Masa Transisi

Inisiatif lingkungan juga diimplementasikan dalam program desa binaan yang memberikan manfaat ekonomi dan lingkungan sekaligus tanggung jawab sosial.

Contohnya, Desa Wisata Sidomulyo dan Taman Olah Jelantah yang juga berhasil menghasilkan pupuk cair, Ecobrick, sabun, dan lilin dari jelantah yang juga berkontribusi dalam meminimalisir dampak pencemaran lingkungan. 

Atas pencapaian peran perusahaan terhadap penurunan emisi karbon, PGN mendapatkan Penghargaan Transparansi Penurunan Emisi Korporasi Kategori Green dan Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi, Kategori Platinum.

Penghargaan ini diselenggarakan oleh investortrust.id bekerjasama dengan Bumi Global Karbon Foundation (BGK Foundation).

BACA JUGA:PGN dan KLHK Bersinergi Gaungkan Bijak Penggunaan Plastik Jaga Kelestarian Lingkungan

Di internal, PGN mewujudkan komitmen sebagai perusahaan yang ramah lingkungan, dengan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dan bertanggung jawab.

Serta secara sosial serta mengimplementasikan manajemen lingkungan sesuai standar yang berlaku. 

“Kami juga secara konsisten terus berupaya mengurangi emisi, limbah dan energi guna mengurangi jejak lingkungan sesuai dengan komitmen yang tertuang dalam kebijakan HSSE,” terang Rosa.

Selama periode 2023, penghematan energi di PGN sebesar 26.203,93. Selain itu, PGN berhasil menurunkan limbah Non-B3 dari 163,3 Ton menjadi 142,2 Ton. 

BACA JUGA:PGN dan KLHK Bersinergi Gaungkan Bijak Penggunaan Plastik Jaga Kelestarian Lingkungan

Program maupun inisiatif dekarboninasi serta ramah lingkungan akan terus PGN tingkatkan agar kebermanfaatannya juga semakin meningkat.

Tak luput, PGN memperhatikan aspek-aspek ESG agar upaya pengurangan emisi karbon dapat dijalankan sesuai dengan kaidah-kaidah lingkungan yang berlaku.

Sepanjang tahun 2023, PGN memperoleh skor ESG sebesar 24,7 yang dilakukan Lembaga rating ESG Sustainalytics.

Skor tersebut menjadi yang tertinggi di antara perusahaan sejenis dalam kategori kapitalisasi pasar UAS 1,9 – USD 3,0 Miliar.

Sumber: