63 Ribu Jemaah Haji Telah Tiba di Madinah, Berikut 12 Embarkasi yang Bakal Terbang Sore ini

63 Ribu Jemaah Haji Telah Tiba di Madinah, Berikut 12 Embarkasi yang Bakal Terbang Sore ini

Anggota Tim Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda saat membacakan keterangan resmi Kemenag, di Jakarta, Selasa 21 Mei 2024. --

BACA JUGA:Jemaah Haji Umiyana Saibi Umar Meninggal di Palembang Sore Tadi, Almarhumah Langsung Dibawa Kembali ke Babel

"Layanan fast track sangat membantu jemaah haji Indonesia, khususnya jemaah lanjut usia. Layanan fast track diberikan kepada 128.420 jemaah (60,21 persen)," ujarnya.

Secara umum, menurut Widi, seluruh embarkasi telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana pelayanan jemaah, yaitu layanan penerimaan bagasi jemaah yang haji dilakukan satu  hari sebelum masuk asrama.

Lalu, layanan konsumsi, layanan akomodasi, layanan transportasi, layanan kesehatan/poliklinik,  dan layanan pemantapan manasik haji dengan memanfaatkan masjid, miniatur Ka’bah, lintasan Sa’i dan tempat melontar jumrah yang ada di setiap embarkasi. 

"Selain itu, seluruh  embarkasi sudah mengafirmasi  kebutuhan jemaah lanjut usia dan jemaah disabilitas," ucapnya.

BACA JUGA:Jemaah Haji Kloter 6 Embarkasi Palembang Telah Berangkat, Sabtu 18 Mei 2024 sore

"Bahkan, sejumlah embarkasi telah memiliki mock up pesawat. Mockup pesawat ini dibuat mirip dengan aslinya, yaitu pesawat yang membawa calon jamaah haji ke Arab Saudi," ungkap dia. 

"Melalui mock up ini, jemaah khususnya yang belum pernah naik pesawat dapat mengenal dan menggunakan fasilitas yang ada di pesawat seperti cara penggunaan toilet pesawat dan fitur lainnya," lanjut dia.

Ia mengatakan, operasional haji di embarkasi juga melibatkan sejumlah kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan stakeholders lainnya. 

Hal ini diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 20219 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

BACA JUGA:Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Palembang Asal Bangka Telah Berangkat Jumat 17 Mei 2024 Malam Ini

Hari ini, Selasa, 21 Mei 2024 terdapat 19 kelompok terbang, dengan jumlah jemaah haji 7.473 orang, akan diterbangkan ke Madinah, dengan rincian sebagai berikut:

1. Embarkasi Balikpapan (BPN) sebanyak 324 jemaah/1 Kloter

2. Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 1.440 jemaah/4 Kloter

3. Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.113 jemaah/3 Kloter

Sumber: