Beroperasi Selama 131 Juta Jam Kerja Aman, Kilang Pertamina Plaju Kembali Raih Penghargaan Gold di WISCA

Beroperasi Selama 131 Juta Jam Kerja Aman, Kilang Pertamina Plaju Kembali Raih Penghargaan Gold di WISCA

Kilang Pertamina Plaju meriah bintang 4 atau gold dalam Penghargaan WSO Indonesia-Pakistan Safety Culture Award (WISCA - WPSCA) Tahun 2024, berdasarkan hasil verifikasi yang telah dilaksanakan oleh tim verifikator.--

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Pastikan Penuhi Permintaan Gasoline, Gasoil, Avtur dan LPG Selama Lebaran 1445 H

Langkah ini telah didukung pemerintah dengan menjalankan ‘Program Indonesia Berbudaya K3’.

"Ini membutuhkan keterlibatan aktif semua pemangku kepentingan untuk secara efektif mengintegrasikan keselamatan dan kesehatan kerja ke dalam budaya organisasi mereka,"kata Chairman WSO Indonesia, Soehatman Ramli.

Beroperasi Selama 131 Juta Jam Kerja Aman

General Manager RU III Yulianto Triwibowo mengatakan, perwira  RU III Plaju terus komitmen dan konsisten menerapkan program budaya HSSE.

BACA JUGA:Wow Total 13 Medali, Pekerja Kilang Pertamina Plaju Juara Umum Kompetisi Panahan di Dumai

Apresiasi ini, kata dia, diharapkan memacu semangat untuk mempertahankan dan meningkatkan implementasi safety culture di lingkungan Kilang Plaju Plaju menuju level Generative dengan menerapkan dan meningkatkan kesadaran terhadap aspek HSSE sebagai budaya.

Kilang Pertamina Plaju juga berhasil menjaga performa HSSE yang nihil jumlah kecelakaan kerja (NOA/Number of Accident) dan LTI (Lost Time Incident) dengan total lebih dari 131 juta jam kerja aman sejak 9 Desember 2009.

Diharapkan penghargaan ini dapat memberikan motivasi kepada seluruh pekerja dan mitra kerja agar selalu meningkatkan pemahaman dan awareness terhadap Aspek HSSE. 

Lebih jauh implementasi Sistem Manajemen K3 Perusahaan secara continue juga dapat mendukung produktivitas dan keberlanjutan bisnis di RU III.

BACA JUGA:Momen K3 Nasional, Kilang Pertamina Plaju Terus Gelorakan Semangat Budaya HSSE

WPSCA Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang sudah menjalankan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan beberapa parameter penilaian, yakni perusahaan telah menjalankan program budaya K3, mengukur level budaya K3, membangun komitmen manajemen dan pekerja, kemudian mengimplementasikan Sistem Manajemen K3.

Level 4 atau Gold merupakan Anugerah WISCA yang diberikan kepada Perusahaan yang secara konsisten telah menjalankan program budaya K3, menerapkan SMK3, serta telah mengukur level budaya K3 level 4 secara internal dan eksternal.

Bentuk Dukungan Terhadap SDGs dan ESG

Komitmen K3 Kilang Pertamina Plaju adalah salah satu bentuk dukungan perusahaan migas dan petrokimia ini terhadap implementasi aspek ESG (Environmental, Social & Governance), terutama berkaitan dengan aspek sosial dimana kesehatan dan keselamatan kerja menjadi concern utama, sebagaimana visi PT KPI untuk menjadi perusahaan kilang dan petrokimia kelas dunia.

Sumber: