Beroperasi Selama 131 Juta Jam Kerja Aman, Kilang Pertamina Plaju Kembali Raih Penghargaan Gold di WISCA

Beroperasi Selama 131 Juta Jam Kerja Aman, Kilang Pertamina Plaju Kembali Raih Penghargaan Gold di WISCA

Kilang Pertamina Plaju meriah bintang 4 atau gold dalam Penghargaan WSO Indonesia-Pakistan Safety Culture Award (WISCA - WPSCA) Tahun 2024, berdasarkan hasil verifikasi yang telah dilaksanakan oleh tim verifikator.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Prestasi K3 Kilang Pertamina Plaju di bidang K3 pun kembali mendapat pengakuan.

Kilang Pertamina Plaju meriah bintang 4 atau gold dalam Penghargaan WSO Indonesia-Pakistan Safety Culture Award (WISCA - WPSCA) Tahun 2024, berdasarkan hasil verifikasi yang telah dilaksanakan oleh tim verifikator.

Penghargaan diterima langsung oleh RU III di Jakarta, Selasa 30 April 2024 lalu.  

Penghargaan ini diraih setelah melewati proses penilaian dan verifikasi secara objektif oleh Tim Penilai dari WSO Indonesia.

BACA JUGA:BNPT Apresiasi Upaya Kilang Pertamina Plaju Jaga Obyek Vital Nasional dari Ancaman Terorisme

Penghargaan Kilang Pertamina Plaju sebagai upaya mengimplementasikan budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang berkelanjutan. 

Hal itu guna menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, selamat dan nyaman bagi semua 800 lebih pekerja yang bekerja di kilang minyak dan petrokimia yang beroperasi di Sumatera Selatan itu.

Beberapa poin utama yang menjadi penilaian oleh Tim WSO mencakup metode pengukuran level budaya yang digunakan, evaluasi hasil pengukuran level budaya, review program Budaya yang dijalankan dalam perusahaan dan kinerja K3 secara umum termasuk penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) Perusahaan.

Direktur Bina Pengujian K3 Kementerian Ketenagakerjaan RI, Drs. Muhamad Idham, M.K.K.K menyebut, agenda ini menjadi momentum penting sekaligus bentuk komitmen untuk menggapai misi bersama di dalam mendorong safety sebagai way of life. 

BACA JUGA:Satgas RAFI 2024 Selesai, Kilang Pertamina Plaju Salurkan 148 Ribu Kilo Liter BBM Selama Lebaran

"Bukan semata-mata sebagai slogan, tapi panggilan untuk bertindak dan merupakan tanggung jawab kita semua di dalam mengutamakan keselamatan dan kesejahteraan," kata dia.

Para penerima penghargaan adalah teladan yang luar biasa dalam menerapkan K3 sebagai Way Of Life. 

"Mereka telah menunjukkan kepedulian dan komitmen yang luar biasa di dalam mempromosikan keselamatan di lingkungan komunitas masing-masing," lanjutnya.

Sementara, World Safety Organization (WSO) Indonesia menilai strategi komprehensif dibutuhkan berbagai industri untuk menanamkan budaya keselamatan kerja.

Sumber: