Pileg 2024, Caleg Nasdem Nopianto Dulang 40 Ribu Suara dan Raih Terbanyak Dapil

Pileg 2024, Caleg Nasdem Nopianto Dulang 40 Ribu Suara dan Raih Terbanyak Dapil

H Nopianto, caleg Partai Nasdem yang meraih suara pribadi yang signifikan setelah maju dari Daerah Pilihan (Dapil) Sumsel I yang meliputi Kecamatan Alang Lebar, Sukarami, Kemuning, Sematang Borang, Sako, Kalidoni, Ilir Timur I, Ilir Timur 2 dan Ilir Timur-zarkasi/radarpalembang.com-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Partai Nasdem Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dipastikan akan  meraih kursi pimpinan DPRD Sumsel periode 2024-2029.

Pasalnya di Pileg 2024 lalu, Nasdem kemungkinan meraih 10 kursi dari 75 kursi yang diperebutkan. 

Raihan ini sendiri menunjukkan grafik peningkatkan sepanjang berjalannya pemilu legislatif di Sumsel, sejak 2014 perolehan kursi Partai Nasdem di tingkat provinsi terus meningkat dari 5 kursi (Pileg 2014), menjadi 6 kursi (2019) dan 10 kursi dari Pileg 2024.

Di antara 10 caleg yang hampir dipastikan terpilih, terdapat nama H Nopianto yang meraih suara pribadi yang signifikan setelah maju dari Daerah Pilihan (Dapil) Sumsel I yang meliputi Kecamatan Alang Lebar, Sukarami, Kemuning, Sematang Borang, Sako, Kalidoni, Ilir Timur I, Ilir Timur 2 dan Ilir Timur 3 di Kota Palembang.

BACA JUGA:Ini Respon DPW Nasdem, Terkait Majunya Mawardi Yahya-Harnojoyo di Pilgub Sumsel 2024

Nopianto yang saat ini duduk di Komisi IV DPRD Sumsel, meraih suara pribadi 41.589 suara atau 72 persen dari total suara partai NasDem 57.722 suara. 

Wakil Ketua DPW Partai Nasdem Bidang Eksekutif ini mengaku, tingginya suara yang diraih Nasdem juga tak dipungkiri, dipengaruhi pencalonan presiden dan wakil  presiden diusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. 

"Pengaruh pilpres, sudah pasti ada, tetapi memang peningkatannya tidak signifikan. Yang jelas tingginya elektoral Nasdem, masih ada irisannya dengan Pilpres,” kata Nopianto, Minggu 11 Mmaret 2024.

Meski demikian, meningkatkan raihan kursi Nasdem di Sumsel juga karena trust public kepada Nasdem. Tingginya kepercayaan masyarakat kepada Nasdem serta personal caleg membuat kursi diraih meningkat, mengingat kursi yang ada saat ini asa6 kursi kini menjadi 10 kursi.

BACA JUGA:Update Perolehan Suara DPRD Palembang Dapil I, Nasdem Memimpin, Hari Apriyansyah Raih Suara Paling Banyak

"Jadi untuk di DPRD Sumsel, setiap dapil terisi dengan kursi yang aman,” jelasnya. 

Selain memang mesin partai bekerja sesuai dengan garis komando dan instruksi dari DPP Nasdem, semua caleg yang ada juga sambung Nopianto, ditugaskan untuk bertarung dan bekerja maksimal untuk memperoleh dukungan suara masing-masing.

"Termasuk saya juga tidak menyangka, karena ekspetasi yang kita harapkan terwujud. Mengingat perdana saya menjadi anggota DPRD Provinsi Sumsel di tahun 2019, saya hanya mampu mengumpulkan sekitar 14.900 suara pribadi" akunya.

Tetapi, tambah dia, saat ini dengan target pribadi 50 ribu suara yang terealisasi 40 ribuan dan tidak terlalu domplang.

Sumber: