Sambut Ramadan Penuh Berkah, Ratusan Santri Ponpes SMB Dapat Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut dari Pepsodent

Sambut Ramadan Penuh Berkah, Ratusan Santri Ponpes SMB Dapat Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut dari Pepsodent

“Pelatihan Santri Berseri; Bercahaya, Sehat, dan Percaya Diri” di Pondok Pesantren Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, Sumatera Selatan, pada Senin 4 Maret 2024 dengan melibatkan 850 santri dan santri putri.-ist-

BACA JUGA:10 Rekomendasi Vitamin D Terbaik untuk Anak, Bisa Perkuat Tulang dan Gigi, Ibu-ibu Wajib Tau!

Unilever Indonesia melalui brand Pepsodent telah berkontribusi di Indonesia selama 90 tahun untuk merawat kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia. Salah satunya melalui kampanye ‘Senyum Sehat Indonesia’.

Sejak tahun 2010, Pepsodent secara konsisten melakukan program edukasi dan pemberian perawatan gigi tanpa biaya bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), seluruh Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) di seluruh Indonesia.

Sementara melalui Program ‘Sekolah dan Pesantren Sehat’, Pepsodent sudah berhasil mengedukasi hampir 30 juta anak Indonesia. 

Drg Ratu Mirah Afifah GCClinDent MDSc, Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia menjelaskan, berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, 7 dari 10 orang Indonesia mengalami gigi berlubang.

BACA JUGA:Tak Hanya Pasta Gigi, Berikut 9 Bahan Alami yang Digunakan Sebagai Pembersih Mulut

Sedangkan untuk Kota Palembang, masalah kesehatan gigi (rusak, berlubang, ataupun sakit) mencapai 47,17% dan hanya 2,49% yang mempunyai kebiasaan menyikat gigi pada waktu yang benar yakni setelah sarapan dan sebelum tidur.

Hal ini menunjukkan masih kurangnya kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Padahal gigi dan mulut memiliki beragam fungsi yang digunakan sehari-hari seperti mengunyah, berbicara, dan tersenyum.”

Hai ini senada dengan yang disampaikan drg Fandika selaku anggota Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) sekaligus perwakilan dari Kim Dental.

“Pemahaman masyarakat Kota Palembang mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut masih kurang, masalah ini bermula dari cara mereka menyikat gigi. Hal ini bisa mengakibatkan timbulnya karang gigi, gigi berlubang, dan masalah lainnya" sebutnya.

BACA JUGA:Yuk Mengenal Berbagai Manfaat Daun Kelor, Bisa Juga untuk Kesehatan Mata

Padahal apabila mereka melakukan cara menyikat gigi dengan benar dan di waktu yang tepat, semua hal tersebut bisa dicegah. Sehingga tindakan preventif seperti ini bisa membantu dalam hal pemeliharaan gigi dan mulut mereka.

Aldini, santri putri Ponpes Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, mengungkapkan kegembiraannya bisa berpartisipasi dalam program ini karena mendapatkan pemahaman tentang cara menyikat gigi yang benar.

“Saya kira waktu menyikat gigi yang tepat adalah pagi hari setelah bangun tidur dan sore hari pada saat mandi, namun ternyata salah," katanya.

Nah, tambah dia, dari situ dapat wawasan tentang bagaimana menyikat gigi yang benar dan di waktu yang tepat. Setelah mendapat penjelasan dokter, Aldini berusaha memperbaiki diri  untuk kesehatan gigi. 

Sumber: