7 Penyakit yang Butuh Transfusi Darah Selain Hemofilia, Penting untuk Kalian Tahu, Apa Saja?

7 Penyakit yang Butuh Transfusi Darah Selain Hemofilia, Penting untuk Kalian Tahu, Apa Saja?

Ilustrasi proses transfusi darah--

Kanker juga dapat menurunkan jumlah darah dengan memengaruhi organ-organ, seperti ginjal dan limpa, yang membantu menjaga sel-sel yang cukup dalam darah.

Pengobatan kanker juga dapat menyebabkan pasien membutuhkan donor darah:

Operasi untuk mengobati kanker dapat menyebabkan kehilangan sejumlah darah dan kebutuhan akan transfusi sel darah merah atau trombosit. Kebanyakan obat kemoterapi mempengaruhi sel-sel di sumsum tulang.

Hal ini biasanya menyebabkan jumlah sel darah merah berkurang. Radiasi yang digunakan untuk mengobati area tulang yang luas dapat mempengaruhi sumsum tulang dan menyebabkan jumlah sel darah yang rendah.                   

BACA JUGA:Wajib Tau Sebelum Terlambat, 7 Gangguan Kesehatan Akibat Sering Mengkonsumsi Daging Ayam

4. Gagal ginjal

Mengutip dari laman Hull University Teaching Hospitals, salah satu komplikasi dari gagal ginjal adalah anemia. Diperkirakan 6 dari 10 pasien gagal ginjal tahap akhir atau penyakit ginjal kronis mengalami anemia.

Jika anemia tidak membaik, maka tubuh mungkin tidak memiliki cukup oksigen.Sebagai akibatnya, beberapa pasien gagal ginjal mungkin membutuhkan transfusi darah. Ini diberikan selama sesi hemodialisis.

5. Penyakit hati

Transplantasi hati merupakan salah satu pengobatan yang banyak dipilih untuk pasien dengan penyakit hati stadium akhir. Transplantasi hati orthotopic dilakukan dengan mengganti hati yang sakit dengan hati yang sehat dalam posisi anatomi normal.

Perdarahan yang luas dapat terjadi pada pasien penyakit hati dengan hipertensi portal mengutip MedScape.

Kehilangan darah yang signifikan pada saat transplantasi hati telah diobati dengan transfusi alogenik dan autologus dari sel darah merah, plasma beku segar, trombosit, dan kriopresipitat.

Obat-obatan diberikan bersama dengan produk darah, untuk membantu memperbaiki kelainan metabolisme dan koagulasi.

BACA JUGA:Waspada 7 Masalah Kesehatan yang Menyebabkan Sulit Tidur, Simak Apa Saja?

6. Anemia kronis

Sumber: