Biasa Ditemukan Dalam Masakan, Daun Salam Punya 7 Manfaat Kesehatan yang Tidak Banyak Diketahui

Biasa Ditemukan Dalam Masakan, Daun Salam Punya 7 Manfaat Kesehatan yang Tidak Banyak Diketahui

Berikut 7 manfaat daun salam yang dapat digunakan sebagai pengobatan dan menjaga kesehatan tubuh seperti kesehatan jantung hingga dibates--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut 7 manfaat daun salam yang dapat digunakan sebagai pengobatan dan menjaga kesehatan tubuh seperti kesehatan jantung hingga dibates.

Daun salam atau Syzygium polyanthum merupakan daun yang tidak hanya memberikan aroma dan rasa yang khas pada masakan, tetapi juga dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan

Berikut 7 manfaat yang diberikan oleh daun salam baik untuk menjaga kesehatan tubuh, kesehatan jantung, hingga untuk pengobatan untuk dibates.

1. Membantu Melawan Radikal Bebas

Daun salam mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, dan tannin, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mendukung kesehatan sel.

BACA JUGA:Sering Jadi Bumbu Masakan, 5 Jenis Rempah Ini Ternyata Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Dimana senyawa Flavonoid merupakan senyawa yang membantu untuk melawan radikal bebas, molekul yang dapat merusak sel-sel tubuh dan berkontribusi pada penuaan dan perkembangan penyakit kronis.

Kemudian juga senyawa Polifenol yang terdapat pada daun salam juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh serta melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 

2. Meredakan Masalah Sistem Pencernaan

Senyawa minyak atsiri yang terkandung dalam daun salam dapat memberikan dukungan pada sistem pencernaan, terutama dalam meredakan masalah pencernaan seperti gas dan kembung karena minyak tersebut memiliki sifat antispasmodik, karminatif, dan antiinflamasi.

Dimana Sifat antispasmodik dapat membantu mengurangi atau menghilangkan spasme otot dalam saluran pencernaan, Sifat karminatif membantu mengeluarkan gas dari saluran pencernaan.

BACA JUGA:6 Tumbuhan yang Sering Digunakan Untuk Pengobatan Tradisional, Nomor 2 Banyak Digunakan di Korea dan China

Dan antiinflamasi dapat membantu mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan, mengurangi ketidaknyamanan, dan mendukung fungsi pencernaan yang sehat.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun salam dalam meredakan masalah pencernaan, daun salam dapat di tambahkan pada masakan atau membuat teh daun salam. 

Sumber: