Mahasiswa UBD Sukses Gelar Pentas Drama “Dul Kancil”

Mahasiswa UBD Sukses Gelar Pentas Drama “Dul Kancil”

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Sosial Humaniora (FSH) Universitas Bina Darma Palembang menggelar pementasan drama “Dul Kancil” adaptasi dari naskah drama “Matahari di Sebuah Jalan Kecil” karya Arifin C. Noer. -dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Sosial Humaniora (FSH) Universitas Bina Darma Palembang menggelar pementasan drama “Dul Kancil” adaptasi dari naskah drama “Matahari di Sebuah Jalan Kecil” karya Arifin C. Noer. 

Pentas drama Dul Kancil ini memiliki 3 unsur yaitu Fabel, dongeng bangsawan dan naskah modern. Sekaligus juga pemajangan mading dan pohon harapan yang dapat digunakan bagi para penonton yang datang. 

Rangkaian kegiatan berlangsung secara meriah dan dihadiri oleh mahasiswa UBD, mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Sumatra Selatan dan juga siswa SMA. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Prof. H. Bochari Rachman Kampus Utama Universitas Bina Darma, Jl Ahmad Yani No 3 Palembang pada hari Rabu 10 Januari 2024.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas, UBD Kembali Buka Layanan Kampus “Rektor Mendengar”

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan  Universitas Bina Darma, Dr. Yanti Pasmawati, S.T., M.T. sangat mendukung kegiatan tersebut. 

Ia mengungkapkan,  kegiatan ini merupakan capaian pembelajaran para mahasiswa dari mata kuliah di semester 5. Capaian ini sudah dibuktikan, tidak hanya sekedar tulisan di atas kertas, tetapi mahasiswa memiliki karya yang luar biasa. 

“Kegiatan ini bukan hal yang mudah pastinya untuk dilakukan dan dilaksanakan, namun sekarang dibuktikan bahwa kegiatan kali ini mampu dibuat dengan kreasi dan inovasi yang luar biasa, ini sangat penting sekali untuk terus menerus dibudayakan dan kita bangga atas apapun kreasi yang telah kita ciptakan,” ujarnya.

Kegiatan ini tentunya bukan kegiatan yang pertama dilaksanakan namun merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. 

BACA JUGA:Program Studi Psikologi UBD Lakukan Kegiatan Internship Provision untuk Mahasiswa Semester 6

“Bukan hanya dengan membudayakan semua warisan-warisan budaya khususnya yang ada di Sumatra Selatan, tetapi warisan ini tetap harus diadopsi dan tentunya perlu dikembangkan,” ujarnya.

Kegiatan ini juga lanjutnya semakin membuktikan bahwa mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia semakin berkompeten untuk memperkenalkan budaya-budaya Indonesia ke dunia luar.

Sementara, Dr. Hastari Mayrita, M.Pd, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Sosial Humaniora Universitas Bina Darma Palembang mengatakan, pementasan ini adalah proses dari para mahasiswa yang berkuliah selama 1 semester dalam mata kuliah perencanaan dan pementasan drama.

Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun oleh mahasiswa untuk memenuhi capaian pembelajaran mata kuliah dan capaian pembelajaran lulusan yang ada di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. 

Sumber: