Program Studi Psikologi UBD Lakukan Kegiatan Internship Provision untuk Mahasiswa Semester 6

Program Studi Psikologi UBD Lakukan Kegiatan Internship Provision untuk Mahasiswa Semester 6

Kegiatan dengan mengusung tema "Internship Provision Meeting, Magang Mahasiswa Mengasah Soft and Hard Skill" ini dilakukan pada hari Kamis, 4 Januari 2023 di ruang Ruang Smart Class Kampus Utama Universitas Bina Darma.-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Program Studi Psikologi Universitas Bina Darma menyelenggarakan Sharing Persiapan Magang MBKM untuk Mahasiswa Semester 6.

Kegiatan dengan mengusung tema "Internship Provision Meeting, Magang Mahasiswa Mengasah Soft and Hard Skill" ini dilakukan pada hari Kamis, 4 Januari 2023 di ruang Ruang Smart Class Kampus Utama Universitas Bina Darma.

Kegiatan  berjalan sukses, seluruh mahasiswa aktif di semester 5 kelas Psikologi A dan B, ikut berperan aktif dalam kegiatan sharing informasi sekilas mengenai program magang Merdeka belajar kampus merdeka yang akan dilaksanakan program studi psikologi dengan direktorat pembelajaran MBKM UBD pada semester genap 2023-2024.

Tujuan dan manfaatnya adalah untuk magang dan rencana kerja magang/praktek kerja yang akan dilakukan, menyampaikan mitra yang sudah bekerja sama dengan program studi psikologi FSH, etika magang, format dan isi proposal magang yang akan diajukan sebagai dokumen penting untuk pelaksanaan pembelajaran MBKM.

BACA JUGA:Luncurkan Buku, Dosen UBD Gandeng Profesor dari Dublin dan Malaysia

Manfaat lainnya sebagai informasi batas waktu pengajuan proposal magang di program studi psikologi dan laporan akhir magang, dan publikasi ilmiah pengabdian Masyarakat dengan tujuan merangsang kreativitas dan inovasi mahasiswa, memotivasi mahasiswa dan melatih dalam menulis artikel publikasi karya ilmiah, bahan pengembangan riset selanjutnya. 

Dalam kegiatan ini diberikan kesempatan sesi tanya jawab antara mahasiswa dengan narasumber sekaligus Ketua Program Studi Psikologi, Dr. Itryah, S.Psi., M.A. seputar format, penulisan serta pengajuan proposal dan mitra magang di program studi psikologi. 

Mahasiswa terlihat sangat antusias selama mengikuti kegiatan, banyak pertanyaan dan informasi yang disampaikan dan diketahui oleh mahasiswa. 

Kegiatan Internship Provision Meeting adalah Mahasiswa dapat memperoleh informasi yang tepat, mampu membuat perencanaan magang dengan baik sesuai dengan bidang keilmuan psikologi. Sehingga proses pelaksanaan magang tersebut menjadikan mahasiswa yang kritis, inovatif dan memiliki networking di dunia kerja. Mahasiswa program studi psikologi dapat melaksanakan magang di tempat mitra yang sesuai dengan bidang keilmuan psikologi.

BACA JUGA:UBD Lakukan Penandatanganan MoA dengan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

Setelah suksesnya kegiatan internship provision, selanjutnya program studi psikologi dapat melakukan monitoring secara berkala proses magang/praktek kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa.

“kesan yang saya dapatkan dalam kegiatan ini, sudah pasti menambah wawasan saya tentang mbkm, saya jadi tau perusahaan/instansi yang sudah bekerja sama sama bina darma, etika selama magang, apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan selama magang, yang pasti bermanfaat sekali, dan untuk pesannya, semoga ilmu yang diberikan oleh ibu kaprodi psikologi dapat berguna buat kami mahasiswa, dan semoga kami dapat magang dengan sukses" ujar Ayu Laili Artanti, mahasiswi program studi psikologi.

"Selama mengikuti kegiatan sosialisasi mengenai mbkm (merdeka belajar kampus merdeka), saya mendapat banyak pengetahuan baik itu mengenai prosedur dalam pengajuan magang maupun etika pada saat berada di lingkungan tempat praktik magang." Kesan tambahan dari Rahamania Rani Soraya, mahasiswi program studi psikologi. (*)

Sumber: