Sejarah Awal CCTV, Digunakan Saat Perang Dunia ke II, Kini Sebagai Teknologi Keamanan Publik

Sejarah Awal CCTV,  Digunakan Saat Perang Dunia ke II, Kini Sebagai Teknologi Keamanan Publik

Sejarah awal CCTV pada mulanya diproduksi untuk monitor peluncuran roket pada perang Dunia ke II dan kini berkembang menjadi teknologi keamanan publik--

Aplikasi khusus yang tersedian dapat membuat pengguna memantau situasi keamanan secara real-time dari mana saja.

CCTV semakin terintegrasi dengan sistem keamanan yang lebih luas seperti kontrol akses, sistem kebakaran, dan sistem manajemen bangunan.

BACA JUGA:Harga Paketan CCTV Palembang Terlalu Murah, GENKSI Sumsel Inginkan Standarisasi Harga

Saat ini Teknologi kecerdasan buatan semakin diterapkan dalam sistem CCTV untuk mendeteksi kejadian yang mencurigakan, mengidentifikasi objek, dan meningkatkan respons keamanan.

Beberapa sistem CCTV saat ini sudah menggunakan pemetaan 3D dan realitas tambahan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai keadaan suatu situasi.

Perkembangan ini mencerminkan bagaimana CCTV telah berkembang dari sistem sederhana yang hanya merekam video menjadi teknologi yang sangat canggih dan terintegrasi dengan berbagai sistem keamanan dan teknologi lainnya.

CCTV biasanya akan digunakan untuk keamaan publik seperti Jalan raya, persimpangan lalu lintas, Area publik seperti taman, jalur pejalan kaki, dan pusat kota.

BACA JUGA:Terminal BBM Plumpang Terbakar, Kapolri Minta CCTV Dikumpulkan

Kemudian biasanya juga akan diletakan pada Stasiun kereta api, bandara, terminal bus, Area dengan kepadatan penduduk tinggi seperti pusat perbelanjaan dan pasar.

Tak hanya itu CCTV juga akan digunakan untuk keperluan Pertokoan dan Bisnis seperti Toko-toko ritel, pusat perbelanjaan, mal, Restoran, kafe, dan tempat hiburan.

Kemudian biasanya perusahaan besar juga menggunakan CCTV untuk keamanan seperti Bank, lembaga keuangan, perkantoran, pabrik, dan perusahaan besar lainnya.

CCTV juga digunakan pada sarana transportasi seperti Stasiun kereta api, terminal bus, Bandara, pelabuhan, Parkir umum dan area transit.

Yang paling terpenting ialah digunakan pada area Pendidikan guna mengawasi tingkat kejahatan yang kapan saja bisa terjadi seperti di Sekolah, perguruan tinggi, Kampus universitas dan area parkir lingkungan pendidikan tersebut.

BACA JUGA:5 Laptop Cocok Untuk Content Creator, Punya Fitur dan Hardware yang Kekinian, Harga di Bawah Rp 15 Juta

Biasanya CCTV juga akan terpasang pada area kesehatan seperti Rumah Sakit pada bagian koridor dan area tunggu, serta Ruang darurat dan pintu masuk utama pada Pelayanan Kesehatan.

Sumber: