Terminal BBM Plumpang Terbakar, Kapolri Minta CCTV Dikumpulkan

Terminal BBM Plumpang Terbakar, Kapolri Minta CCTV Dikumpulkan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit saat meninjau lokasi Depo BBM Plumpang yang terbakar, Sabtu 4 Maret 2023.--Doc radarpalembang.disway.id

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau Depo atau Terminal BBM Pertamina Plumpang Jakarta Utara terbakar pada Jumat malam, 3 Maret 2023.

Kehadiran Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau Depo atau Terminal BBM Pertamina Plumpang Jakarta Utara didampingi direksi PT Pertamina (Persero) dan PT Pertamina Patra Niaga.

Kunjungan ini dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ke Depo atau Terminal BBM Pertamina Plumpang Jakarta Utara, Sabtu 4 Maret 2023.

Sejak hari pertama kejadian, tim Pertamina dan tim Polri berkoordinasi melakukan penanganan maksimal musibah kebakaran di Depo atau Terminal BBM Pertamina Plumpang Jakarta Utara.

BACA JUGA:Jumlah Pengungsi 1.085 Orang, Dampak Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara, Ini Langkah Mensos Risma

Sejumlah aksi cepat tanggap atas musibah kebakaran di Depo atau Terminal BBM Pertamina Plumpang Jakarta Utara, mulai dari pengamanan lokasi kejadian, evakuasi warga sekitar dan korban, hingga penyaluran bantuan untuk korban yang mengungsi.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Sabtu 4 Maret 2023 mengatakan kita dengan tim Kapolda dan Bareskrim sedang melakukan investigasi digabung oleh rekan-rekan Pertamina. 

"Kita melakukan pengecekan awal di TKP, insiden terjadi ketika sedang melakukan pengisian atau penerimaan minyak jenis Pertamax dari Balongan yang diterima di Depo Plumpang,"jelas Kapolri seperti keterangan yang diterima radarpalembang.com.

Saat itu, kata Kapolri, terjadi gangguan teknis yang kemudian mengakibatkan tekanan yang berlebih dan setelah itu, didapati terjadinya peristiwa terbakar.

BACA JUGA:Perintah dan Instruksi Meneg BUMN Erick Thohir Terkait Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Jakut, Usut Tuntas

Untuk itu, pihaknya masih terus memastikan penyebab terjadinya musibah kebakaran Depo atau Terminal BBM Pertamina Plumpang Jakarta Utara melalui keterangan saksi hingga CCTV terkait kejadian tersebut.

"Tentunya untuk mencari tahu sumber apinya dari mana, ini sedang dilakukan pendalaman oleh tim dan saat ini, kita sedang mengumpulkan CCTV, saksi,"kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dan, sambung dia, hal-hal yang kita perlukan sifatnya teknis yang nanti bisa kita jelaskan tentang peristiwa yang sebenarnya khususnya terkait dengan sumber api," imbuh Kapolri.

Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara terbakar pada Jumat malam, 3 Maret 2023, pukul 20.11 WIB, dimana ledakan terjadi di kompleks tersebut hingga api meluas ke rumah-rumah warga di Jalan Tanah Merah Bawah RT 12 RW 09 Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. 

Sumber: