Terangi Desa Singapure Dengan Energi Baru Terbarukan, Kilang Pertamina Plaju Raih Penghargaan ISDA

Terangi Desa Singapure Dengan Energi Baru Terbarukan, Kilang Pertamina Plaju Raih Penghargaan ISDA

Aksi nyata ini merupakan upaya Kilang Pertamina Plaju dalam menjawab persoalan masyarakat desa yang belum teraliri listrik di Sumatera Selatan, dalam hal ini Desa Singapure, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat.--

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju berkomitmen untuk terus mendukung pencapaian target-target Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). 

Dukungan ini diwujudkan melalui program Desa Mandiri Energi yang fokus kepada penyediaan energi alternatif untuk masyarakat sekitar.

Aksi nyata ini merupakan upaya Kilang Pertamina Plaju dalam menjawab persoalan masyarakat desa yang belum teraliri listrik di Sumatera Selatan, dalam hal ini Desa Singapure, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat.

Dengan solar cell kapasitas 2,2 Kilowatt Peak (kWp), dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) sebesar 10 kWp, di Desa Singapure, Kilang Pertamina Plaju merupakan salah satu langkah dalam akselerasi transisi Energi Terbarukan yang merata dengan mengoptimalkan sumber daya energi lokal.

BACA JUGA:Pemeliharaan Kilang Pertamina Plaju 2023 Dimulai, Lebih 9 Ribu Pekerja Dilibatkan

Area Manager Communication, Relations dan CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari menjelaskan, program Desa Energi Berdikari yang diimplementasikan perusahaan di Desa Singapure, Kabupaten Lahat, Sumsel, selaras dengan pilar program TJSL yang dilaksanakan oleh Kilang Pertamina Plaju.

“Persoalan yang dihadapi selama ini adalah kurangnya aliran listrik di wilayah Desa Singapure dalam menunjang aktivitas sehari-hari serta kegiatan perekonomian masyarakat.

Oleh karena itu, penyediaan akses Energi Terbarukan ini dapat menghidupkan roda perekonomian dan sosial di masyarakat, serta mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang tertuang dalam SDGs,” ucap Rachmi.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Raih Penghargaan Proklim 2023 Kategori Lestari dan Utama

Raih Penghargaan ISDA

Sebagai bentuk pengakuan terhadap komitmen tersebut, Kilang Pertamina Plaju mendapat Indonesia Sustainable Development Awards (ISDA) 2023, diselenggarakan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD). Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Jakarta, Senin (4/12/2023).

Penghargaan ini diraih sebagai bentuk kontribusi perusahaan pada pencapaian tujuan SDGs ke 7, yakni meningkatkan secara substansial pangsa energi terbarukan dalam bauran energi global.

Kepala Sekretariat Nasional SDGs Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Pungkas Bahjuri Ali mengatakan bahwa forum penghargaan tersebut merupakan hal yang sangat penting dalam mendukung pencapaian SDGs di Indonesia.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Gandeng Polsek Plaju Salurkan Sedekah Platform Senyum

"SDGs itu adalah upaya bersama," kata Pungkas.

Menurutnya, pelaksanaan SDGs merupakan hal yang kompleks dan memerlukan dukungan dari semua pihak.

Pungkas mengatakan bahwa setidaknya diperlukan 3 hal untuk memastikan SDGs dapat tercapai.

Pertama memerlukan political will bukan hanya dari pemerintah tapi juga dari non pemerintah. Kedua memerlukan legal basis yang kuat, dan untuk mendukung hal tersebut telah diterbitkan Perpres No. 111 tahun 2022 tentang SDGs.

BACA JUGA:Inovasi Forum CIP Kilang Pertamina Plaju Ciptakan Value Creation Senilai Rp 283 Miliar

"Poin ketiga yang sangat penting strategi untuk mewujudkannya," kata Pungkas.

Selain desa Singapure, Kilang Pertamina Plaju juga menghadirkan energi terbarukan, misalnya PLTMH di Desa Segamit, (Kecamatan Semendo Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim), PLTMH di Desa Merbau (Kecamatan Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan).

Lalu, Solar Cell di Dusun Sembilang (Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin), dan Taman IPAL Mandiri Energi di Kelurahan Plaju Ulu (Kecamatan Plaju, Kota Palembang).

Harapannya melalui program Desa Energi Berdikari Pertamina, masyarakat dapat mengembangkan potensi ekonominya dengan berbagai  pelatihan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat serta pengembangan produk UMKM yang dihasilkan sampai dengan pemberian edukasi terkait pemanfaatan dan perawatan fasilitas energi terbarukan.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Selamatkan 17 Titik Lahan Terbakar, Bantu Pemadaman Karhutla di Sumsel

Program DEB yang dijalankan Kilang Pertamina Plaju ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 7 (Energi Bersih dan Terjangkau.

Selain itu, melalui program ini, Pertamina juga turut mendukung target Pemerintah dalam mencapai Net Zero Emission di tahun 2060.

BACA JUGA:MFO Low Sulphur, Bahan Bakar Kapal Ramah Lingkungan Kilang Pertamina Plaju Diakui Global

Sumber: