Jelang Natal dan Tahun Baru, BI Sumsel Himbau Monitoring Harga dari Minggu ke Minggu

Jelang Natal dan Tahun Baru, BI Sumsel Himbau Monitoring Harga dari Minggu ke Minggu

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Nurcahyo Heru Prasetyo berikan arahkan ke TPID terkait jelang Natal dan Tahun Baru.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan (BI Sumsel) menghimbau agar anggota Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terus memantau pergerakan harga sembako. 

"TPID Kota Palembang perlu mewaspadai inflasi pada bulan Desember,"kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Nurcahyo Heru Prasetyo, Sabtu 2 Desember 2023. 

Monitoring harga sembako ini akan penting mengingat dalam waktu dekat akan menghadapi moment hari besar keagamaan nasional (HBKN) Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Untuk TPID Kota Palembang lebih mencermati risiko kenaikan harga komoditas,"jelas Nurcahyo Heru Prasetyo. 

BACA JUGA:Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Sumatera, BI Sumsel: Konsisten 3 Triwulan Berturut-turut

Langkah antisipasi adanya gejolak harga sembako, BI Sumsel menghimbau pemantauan harga di pasar terus dilakukan jelang moment tutup tahun 2023 ini.

"TPID akan lebih efektif jika dibarengi dengan koordinasi di tingkat teknis untuk monitoring pergerakan harga dari minggu ke minggu,"jelas Nurcahyo Heru Prasetyo.

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumsel agar lebih pro aktif dan tanggap jika ada perubahan di pasar, baik permintaan maupun sisi penawaran.

"Dengan tujuan mengantisipasi anomali harga pada komoditas dan menentukan respon yang tepat,"kata Nurcahyo Heru Prasetyo.  

BACA JUGA:November-Desember, BI Sumsel Ingatkan Inflasi Volatile Food, Cabai Merah, Rawit, Gula hingga Harga Tempe Naik

Selain itu, BI Sumsel juga memberikan rekomendasi upaya inflasi yang diusulkan adalah untuk terus memperkuat strategi 4K. 

"Ketersediaan Pasokan, Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi yang Efektif,"ujar Nurcahyo Heru Prasetyo. 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat di 2 kota di Provinsi Sumatera Selatan pada November 2023 terjadi inflasi yoy sebesar 3,52 persen.

"Dengan adanya kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 112,36 pada November 2022 menjadi 116,31 pada November 2023,"jelas Kepala BPS Sumsel Moh Wahyu Yulianto, Sabtu 2 Desember 2023

Sumber: