Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Sumatera, BI Sumsel: Konsisten 3 Triwulan Berturut-turut

Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Sumatera, BI Sumsel: Konsisten 3 Triwulan Berturut-turut

Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 yang digelar secara hibrida (daring dan luring) di Hotel Arista Palembang, Rabu 29 November 2023. -Salamun Sajati/radarpalembang.disway-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Provinsi Sumatera Selatan atau Sumsel mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang konsisten positif dalam 3 triwulan terakhir

Hal ini diungkapkan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (BI Sumsel), Nurcahyo Heru Prasetyo, Rabu 29 November 2023. 

"Sepanjang tahun 2023, kinerja ekonomi Sumatera Selatan terbukti memiliki resiliensi tinggi dan mampu bangkit lebih kuat,"kata Heru, dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 yang digelar secara hibrida (daring dan luring) di Hotel Arista Palembang.

Kondisi tersebut terkonfirmasi dari capaian pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan atau Sumsel yang menempati peringkat kedua di triwulan pertama 2023.

BACA JUGA:November-Desember, BI Sumsel Ingatkan Inflasi Volatile Food, Cabai Merah, Rawit, Gula hingga Harga Tempe Naik

"Lalu pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan atau Sumsel dan menjadi jawara pada triwulan dua dan tiga tahun ini di wilayah Sumatera,"kata Heru.

Selain itu, sambung Heru, pertumbuhan ekonomi Sumsel juga konsisten berada di atas pertumbuhan ekonomi wilayah sumatera dan nasional selama tiga triwulan berturut-turut. 

BI Sumsel melihat pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan atau Sumsel ini tak lepas dari kerja keras dan kerja sama seluruh stakeholder di provinsi berjuluk Bumi Sriwijaya ini. 

Secara rinci, Heru menjelaskan, pada triwulan III 2023, dapat kami sampaikan bahwa kinerja pertumbuhan ekonomi terkini Sumatera Selatan dari sisi permintaan didukung oleh kuatnya konsumsi rumah tangga.

BACA JUGA:Hasil Survei Konsumen Oktober 2023, BI Sumsel Sebut Keyakinan Masyarakat Kondisi Ekonomi Optimis

Adapun konsumsi rumah tangga didorong oleh penyelenggaran berbagai event olahraga baik regional maupun nasional di Sumsel.

Tak ketinggalan pertumbuhan ekonomi Sumsel juga solid karena kinerja investasi didukung oleh peningkatan realisasi Penanaman Modal Asing (PMA). 

Sementara dari sisi penawaran utamanya didukung oleh cuaca yang kondusif membuat produksi batu bara dan lifting migas menjadi optimal. 

Selain itu, hampir seluruh sub komponen industri pengolahan juga mencatatkan kinerja yang meningkat. 

Sumber: