Trend 'Natto' Makanan Fermentasi Asal Jepang, Ternyata Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Trend 'Natto' Makanan Fermentasi Asal Jepang, Ternyata Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Natto merupakan makanan fermentasi yang kini lagi trending ternyata memiliki banyak sekali manfaat kesehatan untuh tubuh--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Natto merupakan makanan fermentasi yang kini lagi trending ternyata memiliki banyak sekali manfaat kesehatan untuh tubuh.

Bukan makanan khas Indonesia natto pertama kali  diproduksi oleh Negara Jepang, dimana natto ini berbahan dasar kedelai.

Karena berbahan dasar yang sama dengan makan Indonesia yaitu tempe, tahu, dan lainnya namun natto dan makanan Indonesia berbahan dasar kedelai lainnya memiliki perbedaan.

Dimana perbedaannya yaitu asal negaranya dan proses pengolahan yang berbeda. Natto merupakan kedelai yang difermentasi atau diberikan suatu bakteri hidup.

BACA JUGA:Resep Dimsum Ayam, Makanan Ringan yang Mengenyangkan, Cocok Untuk Bekal Sekolah Anak

Kandungan nutrisi dari natto per 100 gram, memiliki total kalori sebanyak 227 kalori, total lemaknya adalah 11 gram, kemudian total karbohidrat 14 gram, kandungan seratnya sebanyak 5 gram, dan memiliki protein 18 gram.

Serat yang terkandung didalam natto cukup tinggi karena kebutuhan serat manusia dalam sehari antara 25-30 20 gram, oleh karena itu natto menyumbang kontribusi yang cukup besar untuk kandungan serat.

Protein yang terdapat di dalamnya juga cukup tinggi karena makanan yang berbahan dasar kedelai rata-rata mempunyai kandungan protein yang tinggi meskipun dalam hal ini adalah protein nabati.

Dimana protein youth edition dan protein absorption nya tidak sebaik protein hewani namun untuk protein yang sudah difermentasi natto memiliki tingkat penyerapannya lebih baik.

BACA JUGA:Nikmatnya 4 Makanan Berkuah Mirip Pempek, Sarapan Pagi Khas dari Palembang

Nutrisi baik yang tinggi lainnya yang terdapat di dalam natto adalah mangan, zat besi, copper atau tembaga, magnesium, kalsium, vitamin C, zink,  kalium dan nutrisi lainnya.

Dapat dikatakan bahwa natto memiliki kandungan mikro nutrisi tinggi dan Kompleks, hal inilah yang menyebabkannya sering disebut sebagai super food atau makanan yang sehat.

Kedelai yang difermentasi akan bersifat probiotik, dimana probiotik dan prebiotik memiliki perbedaan.

Probiotik adalah bakteri hidup ketika sudah mengalami proses peragian dimana dalam hal ini adalah  bakteri hidup. Sedangkan prebiotik adalah makanan dari bakteri hidup. Salah satu bakteri hidup yang terkandung di dalam natto adalah B subtilis. 

Sumber: