Dosen UBD Ikut Ramaikan The 9th International Seminar on Social Humanities and Malay Islamic Civilization

Dosen UBD Ikut Ramaikan The 9th International Seminar on Social Humanities and Malay Islamic Civilization

Dosen Universitas Bina Darma mengikuti The 9th International Seminar on Social Humanities and Malay Islamic Civilization (ISSHMIC 2023) yang diselenggarakan oleh UIN Raden Fatah Palembang.-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Dosen Universitas Bina Darma mengikuti  The 9th International Seminar on Social Humanities and Malay Islamic Civilization (ISSHMIC 2023) yang diselenggarakan oleh UIN Raden Fatah Palembang.

Seminar yang dilaksanakan selama dua hari, 8-9 November 2023 di Kampus B Jakabaring ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh UIN Raden Fatah.

Dua dosen Universitas Bina Darma, Dr. Itryah. S.Psi., MA. dan Assoc. Prof. Leon A. Abdillah menjadi pemateri pada kegiatan.

Dr. Itryah. S.Psi., MA dianugerahi predikat Best Presenter atas presentasinya dengan judul The Social Environment as a Shaper of Positive and Negative Characters in Adolescents' Lives. Penelitiannya membahas tentang perkembangan masa remaja dan pengaruh lingkungan sosial terhadap karakter positif dan negatif pada remaja. 

BACA JUGA:UBD Gelar Perkemahan Racana ke-VI UKM Pramuka

"Kami sangat senang dan antusias karena mendapatkan wawasan baru dan berharga dari para narasumber dan peserta lainnya. Kegiatan ini memberi kesempatan bagi kami untuk membagikan pengetahuan dan hasil penelitian kami kepada komunitas ilmiah yang lebih luas," ungkap Dr. Itryah. S.Psi., MA.

Sementara itu, Assoc. Prof. Leon A. Abdillah membawakan paper berjudul Knowledge Management of Human Capital Development and the Longevity of Melayu Islamic Contribution to World Development Goals, yang membahas persiapan menuju era Industri 4.0 dan 5.0.

Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, mulai tanggal 8 hingga 9 November 2023, di Kampus B Jaka Baring UIN Raden Fatah Palembang. Partisipasi aktif UBD turut menghadiri seminar ini dengan tujuan mendapatkan pemahaman mendalam mengenai perkembangan Dunia Melayu serta kaitannya dengan 17 SDGs dari United Nation.

Selain itu, keikutsertaan dosen-dosen UBD sebagai pemateri dalam kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi terhadap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, salah satu aspek dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

BACA JUGA:Dosen UBD Raih Peringkat Ketiga Academic Leader 2023 Bidang Sosial Humaniora

Dalam acara juga dihadiri langsung oleh sejumlah tokoh-tokoh publik dan pemimpin terkemuka, termasuk narasumber internasional seperti Albarg Abdullah J. Alameer dari Kedutaan Besar Arab Saudi, Prof. Ibrahim Mohamed Zain dari Hamad bin Khalifa University, Qatar, serta Maha Shehadeh, Ph.D dari Yordania. 

Peserta dari berbagai perguruan tinggi di Sumatra, seperti UBD, UIGM, UIN Lampung, UIN Kediri, dan UIN Riau, turut serta dalam kegiatan ini.

Assoc. Prof. Leon A. Abdillah, Koordinator PUSLIT Inovasi TIK, Smart Systems & Data Science, menyatakan bahwa kehadiran mereka dalam seminar ini adalah untuk mendiseminasi hasil penelitian dan memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) Dosen serta mendapatkan pengakuan internasional melalui kegiatan seminar internasional.

Kegiatan ini bukan hanya merupakan kesempatan berharga bagi dosen-dosen UBD untuk belajar dari para pakar dan akademisi terkemuka, tetapi juga memperkuat kontribusi UBD dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Sumber: