Nikmatnya Sajian Unik Kopi dengan Gelas Terbalik 'Kupi Khop', Jadi Salah Satu Warisan Budaya Tak Benda

Nikmatnya Sajian Unik Kopi dengan Gelas Terbalik 'Kupi Khop', Jadi Salah Satu Warisan Budaya Tak Benda

Nikmatnya Sajian Unik Kopi dengan Gelas Terbalik 'Kupi Khop', Jadi Salah Satu Warisan Budaya Tak Benda --

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Sungguh unik sajian 'kupi khop' dari aceh ini, bagaimana cara menikmati kopi dengan gelas terbalik yang menjadi salah satu warisan budaya tak benda.

Dianugrahi berbagai jenis kopi yang nikmat hampir di semua daerah membuat Indonesia kaya akan budaya atau cara menikmati minuman berwara hitam pekat ini.

Salah satu budaya minum kopi yang unik adalah 'kupi khop' yang berasal dari Provinsi Aceh, dimana sajian kopi dengan gelas terbalik sangat melekat dimasyarakatnya.

Diketahui kenikmatan kopi dari aceh yang terkenal dengan kopi gayo nya memang sudah tak terbantahkan lagi, bahkan kopi gayo asal Aceh ini menjadi primadona bagi para penikmat kopi di Indonesia.

BACA JUGA:Stres, Kurang Tidur hingga Kopi Sebabkan Sakit Kepala Terus Menerus, Cek Pemicu Lainnya

Rasa kopi gayo yang mantap tersebut kian nikmat saat dipadukan dengan cara yang unik minum kopi dengan gelas terbalik.

Tradisi atau cara minum kopi dengan galak terbalik ini disebut masyarakat aceh dengan istilah 'Kupi Khop' yang artinya dalam bahasa Indonesia kopi tertelungkup.

Budaya Kupi Khop berasal dari pesisir barat Aceh tepatnya di Meulaboh, tradisi unik ini punya sejarah panjang dalam perjalanannya.

Awalnya khupi khop ini banyak dinikmati oleh para nelayan di persisir barat Aceh, alasanya sederhana, karena minum kopi dengan gelas terbalik akan membuat hangatnya kopi lebih lama dan tidak terkena kotoran.

BACA JUGA:Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Sering Minum Kopi, Ibu Hamil Juga Wajib Tau

Kebiasaan tersebut karena terkadang para nelayan harus menjeda menikmati kopi ketika sedang mendapat tangkapan ikan di laut.

Jadi ketika si nelayan selesai dengan aktivitasnya, ia dapat kembali lagi menikmati hangat dan nikmantnya kopi dengan gelas terbalik tersebut.

Selain itu menikmati kopi dengan gelas terbalik ini juga lebih aman, sebab kopi yang disajikan dengan terbuka, kadar asamnya akan tinggi seiring lamanya disimpan, sehingga tidak baik bagi kesehatan.

Lantas bagaimana cara penyajian dan cara menimati 'kupi khop' kopi dengan gelas terbalik ini?

Sumber: