Wajib Tau, 2 Jenis Baterai yang Digunakan Motor Listrik, Cek Perbedaan Spesifikasi dan Harganya di Sini

Wajib Tau, 2 Jenis Baterai yang Digunakan Motor Listrik, Cek Perbedaan Spesifikasi dan Harganya di Sini

Berikut ini perbandingan 2 jenis baterai yang digunakan untuk motor listik mulai dari spesifikasi dan harganya--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut ini perbandingan 2 jenis baterai yang digunakan untuk motor listik mulai dari spesifikasi dan harganya.

Baterai merupakan komponen utama untuk kendaraan listrik, begitupun juga dengan motor listrik. Dimana baterai merupakan komponen utama untuk menggerakkan motor listrik.

Itulah kenapa harga batera motor listrik cukup mahal, bahkan 40 persen dari harga jual motor listrik adalah harga baterainya.

Sebab itulah baterai menjadi komponen utama yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli sebuah motor listrik atau pun ketika mengkonversi motor listrik.

BACA JUGA:Ini Alasan Motor Listrik Konversi Lebih Baik Ketimbang Buatan Pabrik, Meski Sama-sama Dapat Subsidi

Ada dua jenis baterai yang dipakai pada motor listrik yaitu  lead acid dan lithium ion. mari kita simak spesifikasi dari masing-masing baterai ini.

1. Baterai Lead Acid

Baterai berjenis lead acid biasanya memiliki harga yang lebih murah. Sesuai harganya, kapasitas daya untuk baterai ini pun lebih kecil namun dengan bobot yang lebih berat dibanding jenis baterai lainnya.

Namun baterai jenis ini punya kelebihan lebih mudah dirawat daripada baterai tipe lithium. Kamu pun bisa menjumpai motor listrik yang menggunakan baterai lead acid pada pabrikan seperti United ataupun SunRace.

2. Baterai Lithium Ion

Selanjutnya adalah baterai lithium ion, yang mana menjadi baterai bawaan untuk mayoritas motor listrik yang tersedia di pasaran saat ini.

Baterai ini banyak digunakan karena memiliki kapasitas yang lebih besar dan bobotnya yang tidak terlalu berat.

Kelebihan dari baterai ini adalah umur atau masa pakainya yang cenderung lebih lama dari jenis baterai lainnya.

Akan tetapi tentunya harga baterai ini memang lebih mahal. Jadi, jangan harap bisa menemukan motor listrik murah yang menggunakan baterai jenis lithium.

Sumber: