Apa Itu Profit dan Mengapa Penting Bagi Perusahaan?

Apa Itu Profit dan Mengapa Penting Bagi Perusahaan?

Profit adalah laba bersih dari semua aktivitas perusahaan.--Pix4free.org

Laba operasional bisa digunakan untuk melihat kinerja perusahaan. Di mana, semakin tinggi profit yang didapatkan, maka kinerja perusahaan juga menjadi lebih baik.

Namun, apabila keuntungannya rendah, maka perlu melakukan evaluasi untuk membuat strategi baru yang cocok untuk memaksimalkan profit bagi perusahaan.

2. Laba Kotor

Singkatnya, laba kotor berarti keuntungan dari hasil penjualan perusahaan yang belum dikurangi biaya-biaya, seperti operasional, pajak, gaji, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Pendapatan Naik Signifikan, Tokopedia Perkuat GOTO di Jalur Percepatan Profitabilitas

Jenis profit satu ini, digunakan untuk melihat bagaimana kemampuan suatu perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dari penjualan barang maupun jasa.

Ketika laba kotor semakin besar, maka kinerja keuangan perusahaan menjadi lebih baik. Pasalnya, mereka berhasil dan mampu untuk menghasilkan keuntungan yang cukup tinggi dari hasil penjualan.

3. Laba Bersih

Jenis terakhir adalah laba bersih yang diartikan sebagai keuntungan perusahaan setelah pendapatan dikurangi dengan seluruh biaya, baik itu operasional maupun non operasional, serta pajak dan bunga pinjamannya.

Profit ini menjadi keuntungan yang benar-benar diterima oleh perusahaan.
Melalui jenis profit ini, Anda baru mengetahui berapa besar keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan dalam satu periode tertentu.

BACA JUGA:6 Tips Cepat Cair KUR BRI, Penting Bagi UMKM Untuk Mengajukan Tambahan Modal Usaha

Semakin besar laba bersihnya, maka perusahaan tersebut terbilang berhasil untuk mewujudkan target penjualan. Dengan begitu, kinerja keuangannya juga akan membaik.

Kenapa Profit Penting Bagi Perusahaan?

Perlu Anda pahami, profit sangatlah penting bagi perusahaan. Pasalnya, tujuan utama sebuah perusahaan adalah profit atau keuntungan dari hasil penjualan barang maupun jasa.

Ketika profit yang didapatkan tinggi, maka dapat membantu perusahaan untuk terus berkembang dan menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi.

Sumber: