Biar Tambah Berkah, Ini Amalan Sunnah di Hari Jumat yang Dapat Dikerjakan Kaum Muslim

Biar Tambah Berkah, Ini Amalan Sunnah di Hari Jumat yang Dapat Dikerjakan Kaum Muslim

Berikut beberapa amalan yang dapat dikerjakan pada hari Jumat oleh kamu muslim agar bertambah berkah--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut beberapa amalan yang dapat dikerjakan pada hari Jumat oleh kamu muslim agar bertambah berkah.

Hari Jumat merupakan Sayyidul Ayyam (tuannya para hari) dan adalah yang istimewa dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam Islam.

Sebab itulah di hari Jumat yang penuh keistimewaan ini kamu muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan agar kian bertambah keberkahan di hari tersebut.

Rasulullah SAW pun telah mengajarkan beberapa amalan yang dapat dikerjakan oleh kamu muslim di hari Jumat seperti;

BACA JUGA:Doa Dimudahkan dan Dilancarkan Rezeki yang Luas, Bacaannya Pendek dan Bisa Dihafalkan

1. Mandi Jumat

Salah satu amalan yang dapat dikerjakan umat muslim di hari Jumat yaitu mandi. Anjuran untuk mandi Jumat ini telah disebutkan dalam beberapa hadits Rasulullah.

Salah satu hadits berkaitan dengan hal ini diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban, yaitu:

مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ النِّسَاءِ فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ لَمْ يَأْتِهَا فَلَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ

Artinya: "Barangsiapa dari laki-laki dan perempuan yang menghendaki Jumat, maka mandilah. Barangsiapa yang tidak berniat menghadiri Jumat, maka tidak ada anjuran mandi baginya". (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).

Dari hadits tersebut, dapat dipahami bahwa mandi Jumat disunnahkan bagi orang yang berniat melaksanakan shalat Jumat, meskipun Jumat tidak diwajibkan baginya.

BACA JUGA:Doa Diberi Keberkahan dalam Pekerjaan, Yuk Baca dan Hafalkan?

Dengan demikian, kesunnahan mandi Jumat ini tidak hanya berlaku bagi laki-laki yang diwajibkan melakukan Jumat, namun juga berlaku bagi anak kecil, hamba sahaya, perempuan dan musafir yang berniat menghadiri shalat Jumat, meskipun mereka tidak diwajibkan melaksanakan Jumat.

Mandi Jumat dapat dilaksanakan sejak terbit fajar shadiq hingga menjelang pelaksanaan sholat Jumat. Namun, lebih utama jika dilakukan menjelang keberangkatan menuju tempat shalat Jumat.

Sumber: