Tradisi Festival Kue Bulan yang Sesuai Jadwal Sembahyang Tionghoa akan Dirayakan September 2023

Tradisi Festival Kue Bulan yang Sesuai Jadwal Sembahyang Tionghoa akan Dirayakan September 2023

Salah satu hidangan wajib saat merayakan Festival Kue Bulan adalah kue bulan yang memiliki sejumlah makna dan arti.--thewoksoflife.com

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Tradisi Festival Kue Bulan yang akan dirayakan sesuai jadwal sembahyang Tionghoa pada September 2023 ini, memiliki segudang makna.

Sesuai jadwal sembahyang hari raya Tionghoa, Festival Kue Bulan atau Zhong Qiu akan diperingati pada tanggal 15 bulan 08 Imlek atau Jumat 29 September 2023.

Ada banyak trandisi yang dilakukan masyarakat Tionghoa dalam merayakan Festival Kue Bulan. Mengingat, Festival Kue Bulan adalah perayaan terbesar nomor dua setelah Tahun Baru Imlek.

BACA JUGA:Catat Berikut Jadwal Sembahyang Hari Raya Tionghoa Tahun 2023

BACA JUGA:Jadwal Sembahyang Tionghoa Bulan September 2023, Ada Festival Kue Bulan, Perayaan Terbesar Kedua Setelah Imlek

Hanya saja, seiring dengan perkembangan zaman, tradisi Festival Kue Bulan ini ada yang dirayakan secara tradisional maupun modern.

Namun, ada tradisi yang menjadi khas dan terus berlangsung dari dulu hingga sekarang.

Berikut adalah sejumlah tradisi Festival Kue Bulan masyarakat Tionghoa yang dirangkum dari banyak sumber:

Menyantap Kue Bulan

Tradisi makan kue bulan adalah sesuatu yang paling ditungggu saat merayakan Festival Kue Bulan.

BACA JUGA:Terbesar, 5 Suku Tionghoa di Indonesia, Ada yang Terkenal Hasilkan Wanita Cantik

Bentuknya yang bulat dan besar adalah sebuah perlambangan dari kembali berkumpulnya keluarga besar.

Kue bulan akan dipotong-potong lalu dibagikan kepada keluarga sebagai lambang reuni. Jumlah potongan disamakan dengan jumlah keluarga yang ada.

Zaman dulu, masyarakat Tionghoa biasanya membuat sendiri kue bulan yang berbahan baku tempung terigu dengan rasa manis. Tapi saat ini, sudah banyak pedagang yang menjual kue bulan dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Sumber: