Kapolres OKU Polda Sumsel Mendukung Inovasi Madu Lebah Trigona Semen Baturaja

Kapolres OKU Polda Sumsel Mendukung Inovasi Madu Lebah Trigona Semen Baturaja

PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) menerima kunjungan dari Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, SIK, MH pada Senin 28 Agustus 2023 di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan.--doc radarpalembang.disway.id

BATURAJA, RADARPALEMBANG.COM – PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) selaku anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menerima kunjungan dari Kapolres OKU Polda Sumsel AKBP Arif Harsono, SIK, MH pada Senin 28 Agustus 2023 di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan, SMBR.

Kedatangannya dalam rangka melakukan survey sebagai rencana dalam membuat program yang dapat bermanfaat dan memiliki nilai lebih serta membangun masyarakat yang produktif dan mandiri secara ekonomi.

Tujuannya memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan, tujuan lainnya yaitu mengurangi kegiatan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sering dilakukan oleh masyarakat pada saat musim kemarau.

Didampingi oleh Vice President of Mining SMBR Muhammad Beni beserta tim, Kapolres OKU Polda Sumsel AKBP Arif Harsono, SIK, MH diajak untuk melihat Program SMBR Economic and Education Bee Farm.

 

Program SMBR Economic and Education Bee Farm yang merupakan program pemberdayaan masyarakat dan lingkungan memanfaatkan Habitat Budidaya Lebah Trigona yang ada di lahan bekas tambang SMBR.

Vice President of Mining SMBR Muhammad Beni menjelaskan budidaya ini merupakan hasil replikasi yang dihasilkan dari area reklamasi pasca tambang yang diubah menjadi lahan vegetasi dan ekosistem baru. 

Reklamasi pasca tambang menjadi habitat bagi berbagai fauna yang hidup di sekitar areal tambang SMBR oleh Department of Mining (Beeyond Mining), salah satunya adalah lebah trigona.

Menurut Kapolres OKU Polda Sumsel, program yang tepat dan mudah dilakukan oleh masyarakat salah satunya dengan Budidaya Lebah Trigona. 

 

“Dengan adanya budidaya lebah yang dilakukan oleh masyarakat harapannya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak melakukan Karhutla yang akan mengganggu habitat dari budidaya lebah khususnya di kabupaten OKU,” kata Arif setelah mencicipi madu lebah trigona.

Arif juga menambahkan SMBR dapat berbagi pengetahuan (sharing knowledge) tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang baik untuk budidaya lebah yang sudah berhasil dilakukan di lingkungan SMBR dan dapat dijadikan standard acuan yang dilakukan oleh masyarakat.

Sementara itu, Vice President of Mining SMBR Muhammad Beni mengatakan SMBR telah bekerja sama dengan desa binaan Corporate Social Repsonsilibility (CSR) melalui Kelompok Tani Terpadu Desa Laya dan BUMDes Maju Mandiri dalam mengelola budidaya lebah trigona dan pengembangan bisnis madu melalui brand produk Beeyond Honey.

Lebih lanjut dijelaskan, Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat dalam budidaya madu trigona, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pelestarian lingkungan secara berkelanjutan.

Sumber: