Sinergi UBD dan Polda Sumsel, Gelar Seminar Cegah Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Sinergi UBD dan Polda Sumsel, Gelar Seminar Cegah Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Universitas Bina Darma bersinergi dengan Polisi Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Polda Sumsel) menggelar Seminar di Aula Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M. Sc Kampus Bochari Rachman 1, 29 Agustus 2023.-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Universitas Bina Darma bersinergi dengan Polisi Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Polda Sumsel) menggelar Seminar di Aula Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M. Sc Kampus Bochari Rachman 1, Selasa 29 Agustus 2023.

Kegiatan ini dalam rangka menyemarakan HUT Polwan.

Seminar bertajuk Kekerasan Perempuan dan Anak di Sekitar Kita: Kenali, Cegah dan Laporkan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang bentuk-bentuk kekerasan yang mungkin terjadi di sekitar masyarakat

Dengan memberikan pengetahuan tentang cara mengenali tanda-tanda kekerasan, strategi pencegahan, dan langkah-langkah pelaporan, diharapkan seminar yang dihadiri lebih dari 500 peserta ini dapat mendorong aksi nyata dalam melindungi perempuan dan anak dari situasi berbahaya.

BACA JUGA:Mahasiswa UBD Lolos ke Tingkat Nasional di Ajang KDMI

Hadir dalam kesempatan ini Prof. Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M.. Rektor Universitas Bina Darma,  M. Izman Herdiansyah, ST., MM., Ph.D, Wakil Rektor Bidang Akademik,  Ria Andryani, S.Kom., M.Kom Wakil Rektor Bidang SDM, dan Dr. Yanti Pasmawati, ST., MT Wakil Rektor     Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja sama.

Turut hadir Ketua PMI Provinsi Sumatera Selatan , Hj. Febrita Lustia Deru, Hj Fauziah Mawardi Yahya, Ketua PAPPRI Sumsel H. Khairun Nisa, Kombes Pol M Anwar Reksowidjojo SH,SIK, dan tamu undangan lainnya.

“Saya ucapkan selamat datang kepada bapak, ibu dan adik-adik mahasiswa dalam kegiatan seminar ini dalam rangka memperingati HUT POLWAN ke-78 Tahun,” ujar Rektor Universitas Bina Darma, Prof. Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M..

Sementara, Kapolda yang diwakili oleh Kombes Pol M Anwar Reksowidjojo SH,SIK dalam sambutannya mengatakan, melihat dari data yang ada, kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak terhitung cukup besar dan mengkhawatirkan.

BACA JUGA:UBD dan Universitas Serasan Jalin Kerja Sama

“Mudah-mudahan seminar ini bisa menghasilkan outcome yang bisa mengurangi atau mereduksi pikiran yang merugikan yakni kekerasan pada perempuan dan anak, khususnya di wilayah Sumsel,” ungkapnya.

Seminar yang berlangsung secara online maupun offline ini menghadirkan narasumber : Kombes Pol. Dr. Sulastiana, SIP, SH.,M.Si.

Kombes Pol. Dr. Sulastiana, SIP, SH.,M.Si mengatakan dengan seminar ini diharapkan akan memberikan wawasan yang kuat dan tindakan konkret bagi peserta dalam menghadapi kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Dengan pengetahuan dan kesadaran yang ditingkatkan, kami berharap masyarakat dapat bersatu untuk mencegah kekerasan dan menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi semua masyarakat,” tuturnya.

BACA JUGA:Tim Inovator Center UBD Raih Juara 3 di Ajang Labirin Sriwijaya 2023

Selain mencegah kekerasan dan menciptakan lingkungan yang aman, dengan adanya seminar ini diharapkan peserta dapat mengenali tanda-tanda kekerasan dan situasi berpotensi berbahaya, dapat memberikan informasi tentang strategi pencegahan dan cara melindungi diri.

Peserta juga mampu  mengedukasi tentang pentingnya melaporkan kekerasan dan proses pelaporannya serta dapat mendorong partisipasi aktif peserta dalam menjadikan komunitas lebih aman dan peduli.(*)

Sumber: