Tips Menang Pemilu untuk Caleg dari Ridwan Mukti, Punya Jiwa Marketing Sudah jadi Modal Awal

Tips Menang Pemilu untuk Caleg dari Ridwan Mukti, Punya Jiwa Marketing Sudah jadi Modal Awal

Ridwan Mukti, politisi senior asal Sumsel membagikan tips menang pemilu untuk calon legislatif yang bertarung pada Pemilu 2024 nanti.-harian banyuasin-

LUBUKLINGGAU, RADARPALEMBANG.COM – Calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2024 ada tips menang Pemilu dari Ridwan Mukti.

Tips memang pemilu khususnya bagi caleg, menurut Ridwan Mukti, kuncinya ada pandai memarketingkan diri.

Hal tersebut disampaikan Ridwan Mukti saat menjadi narasumber pada diskusi politik dalam membaca strategi calon legislator dalam Pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh Korp Alumni HMI (KAHMI) Kota Lubuklinggau di Burza Hotel, Minggu 6 Agustus 2023.

"Kalau sistem proporsional terbuka, para caleg yang harus berjibaku untuk mendapatkan suara, kalau dipersentasekan 85-90 persen itu peran caleg, sedangkan 10-15 persen peran partai, kalau sistem tertutup tentu sebaliknya, parpol yang berperan aktif dalam mendulang suara," papar pria yang pernah menjabat bupati dua periode dan Gubernur Provinsi Bengkulu ini.

BACA JUGA:SAH! MK Tolak Gugatan Sistem Pemilu, Tetap Coblos Caleg di Pemilu 2024

Ridwan Mukti juga menjelaskan, untuk tips menang pemilu bagi caleg-caleg khususnya dari KAHMI, dalam bersosialisasi jangan berlebihan, karena kadang ada saja caleg yang kebablasan, seperti ada caleg menyampaikan kepada masyarakat kalau terpilih akan membangun jembatan.

"Itu tidak tepat, karena tugas legislator harusnya memperjuangkan agar masuk dalam program pembangunan oleh pemerintah daerah, karena yang membangun jembatan itu pemerintah," ucap tokoh masyarakat pernah mengikuti 5 kali pemilihan, 2 kali DPR RI, 3 kali pilkada, dan semuanya menang.

Dirinya menjelaskan legislator harus paham akan tugasnya saat duduk. Sebab, legislatif hanya memiliki tiga tugas, yakni membuat aturan-aturan dalam hal ini perda, kedua mengawasi eksekusi atau kontrol kepala daerah beserta jajarannya, ketiga menyetujui anggaran bersama-sama eksekutif

"Jadi tips menang pemilu bagi caleg dalam memarketingkan diri untuk meyakinkan publik, pertama tahu tugas pokok yang harus dijalankan selaku legislatif, jangan keluar kamar atau kewenangan," tegas Ridwan Mukti.

BACA JUGA:Bidik Suara Milenial, Caleg Diminta Gunakan Medsos

Politisi senior partai pohon beringin ini kembali paparkan tips menang pemilu, yakni prinsip yang paling utama bagi para caleg harus bisa memarketingkan dirinya kepada masyarakat. Sebab, elektabilitas tidak ada tanpa popularitas.

"Orang memilih karena mereka suka atau kenal, dan tidak mungkin orang kenal kalau tidak mengenali diri para caleg," beber dia.

Tentunya lanjut Ridwan Mukti, tips memang pemilu dalam memarketingkan diri, bisa secara langsung atau turun langsung, paling baik harus sampai ke kognitifnya mereka ingat secara terus menerus, bisa juga melalui media bisa dengan baleho, atribut parpol.

"Masyarakat juga bisa mendapatkan informasi caleg dari mulut ke mulut, mungkin caleg tersebut sering masuk media, jadi sering dilihat atau dilihat masyarakat," katanya.

Sumber: