Nama Ikan Ini Mudskipper 'Glodok', Mulai Banyak Dipelihara Sebagai Ikan Hias, Banyak Terdapat di Sungai Musi

Nama Ikan Ini Mudskipper 'Glodok', Mulai Banyak Dipelihara Sebagai Ikan Hias, Banyak Terdapat di Sungai Musi

Inilah Ikan Mudskipper atau Glodok yang banyak terdapat di perairan sungai Musi Palembang kini menajdi banyak dipelihara dalam aquarium--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Bila kita sedang berada di pinggiran sungai Musi PALEMBANG terkadang kita melihat seperti ada hewan yang berjalan di pasir pinggiran sungai.

Ternyata itu adalah ikan mudskipper atau ikan glodok yang memiliki kemampuan untuk bernafas di dalam dan di luar air.

Ikan mudskipper ini  berukuran sebesar ibu jari atau sekitar 10 cm saja. Sepintas ikan ini mirif seperti hewan ampibi kodok dengan mata besar di atas kepala.

Mata besar ini berguna untuk melihat dengan detail keadaan sekitar, mencari makan, dan juga memantau pemangsanya.

BACA JUGA:Mengenal Louhan F3, Ikan Crossbreed yang Banyak Diminati Penghobi Pemula

Dengan dua sirip pelvis yang panjang, ikan ini dapat mendayung didalam air atau pun melata ketika di daratan. Namun ikan Mudskipper tidak memiliki sirip dayung belakang seperti layaknya jenis ikan lain.

Karena berukuran kecil tak lebih dari 10 cm saja menajdikan ikan Mudskipper menjadi buruan ikan predator lainnya di perairan.

Ikan Mudskipper dapat ditemukan dibanyak wilayah negara di asia India, Myanmar, Thailand, Malaysia, Filipina, dan bahkan di Indonesia, begitupun di perairan sungai Musi Palembang.

Habitas alami ikan ini adalah berada di daerah yang lembab, biasanya berada di perairan dangkal dan berlumpur seperti di pinggiran sungai.

BACA JUGA:6 Hal Penting Dalam Memelihara dan Merawat Ikan Louhan yang Wajib Pemula Ketahui

Sebab itulah kita dapat melihat ikan ini banyak berada di pinggiran sungai musi yang berlumpur dan berpasir.

Ikan Mudskipper biasanya akan muncul ke permukaan untuk mencari makan, dan akan kembali kedalam air setelahnya.

Meski berukuran kecil ternyata ikan ini cukup pemarah juga loh, Ikan mudskipper merupakan ikan teritori yang akan agresif bila ada ikan lain di dekatnya.

Karena itu banyak penghobi ikan hias memelihara ikan ini di dalam single tank mirip seperti memelihara ikan cupang atau chana.

Sumber: