Ini Dia Logo Resmi HUT RI ke-78 dengan Slogan Terus Melaju untuk Indonesia Maju

Ini Dia Logo Resmi HUT RI ke-78 dengan Slogan Terus Melaju untuk Indonesia Maju

Berikut logo resmi HUT RI ke-78 yang sudah mulai disosialikasikan pemerintah di tahun 2023.--

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM - Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78 sudah resmi diumumkan, hari ini. Jumat 21 Juli 2023.

Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara telah menyosialisasikan slogan dan logo HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia tersebut.

Logo HUT RI ke-78 memadukan angka tujuh dalam siluet solid dan delapan dalam siluet lima garis berwarna merah. Slogan "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju" ini merupakan pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini adalah Logo HUT RI ke-78 yang sudah dipilih oleh Presiden Jokowi," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dikutip dari Antara.com

BACA JUGA:Siap-siap! Lowongan CPNS 2023 dan PPPK Dibuka September 2023, Ini Rincian Formasinya

Heru menganjurkan kepada seluruh kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian serta pemerintah daerah untuk mulai menggencarkan dengan memajang berbagai pernak-pernik HUT ke-78 Kemerdekaan RI dengan logo tersebut.

"Pertengahan Juli, tanggal 15, 16, 17, saya minta sudah mulai disemarakkan outdoor display untuk logo ini," ujar Heru.

Logo tersebut merupakan hasil proses penyaringan yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).

Tim Kemenparekraf bersama ADGI menyaring 10 logo kandidat rancangan para desainer anggota ADGI sebelum memilih lima kandidat akhir untuk dipilih Jokowi.

BACA JUGA:Larangan Hakim Tetapkan Perkawinan Beda Agama, Ini Aturan dalam Surat Edaran MA

Logo gubahan perancang bernama Katarina Monika akhirnya terpilih oleh Presiden Jokowi untuk digunakan sebagai logo HUT Ke-78 Kemerdekaan RI.

Ketua Umum ADGI Richard Ned Hansel menjelaskan siluet solid pada angka tujuh mewakili semangat tanggung jawab bersama yang menjadi salah satu elemen konsep visual rancangan logo tersebut.

"Angka delapan berupa garis-garis lima mewakili Pancasila," kata Richard.

Angka tujuh dan delapan yang dibuat bertumpuk untuk mewakili semangat estafet dalam konsep visual rancangan logo.

BACA JUGA:Viral Anggota DPRD DKI Cinta Mega Main Slot Saat Paripurna, Bantah Cuma Main Candy Crush

Selain itu, logo HUT RI tersebut juga mewakili sejumlah semangat konsep visual lain, yakni keberlanjutan, terus melaju, dan globalisasi.

Selain itu, Richard juga menjelaskan dalam kisi-kisi anjuran penggunaan siluet solid dan garis-garis terdapat makna sendiri.

"Garis solid harus mengarah ke atas, merepresentasikan terus melaju; sedangkan garis-garis selalu bertumpuk untuk mewakili gotong royong," kata Richard.

Sebelumnya, Istana meluncurkan logo resmi HUT RI ke-78. Logo Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2023 ini dipilih langsung oleh Presiden Jokowi.

BACA JUGA:Profil Anggota DPRD DKI Jakarta Cinta Mega, Diduga Bermain Judi Slot Saat Rapat Paripurna

"Judul tema besar tahun ini adalah 'Terus Melaju untuk Indonesia Maju'. Itu tema besarnya.

Dan berikutnya adalah logo Kemerdekaan RI ke-78, ini adalah logo yang dipilih oleh Bapak Presiden," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangan pers secara virtual.

Logo HUT ke-78 RI ini memiliki warna merah solid pada angka tujuh dan warna merah-putih bergaris pada angka delapan. Sedangkan penulisan tema 'Terus Melaju untuk Indonesia Maju' ditempatkan di samping kanan maupun di bawah logo angka 78.

"Sesuai arahan presiden, ini sudah final dan mari kita gaungkan, sosialisasikan ada tahapannya sebagaimana tahun lalu," ucap Pj Gubernur DKI Jakarta ini.

BACA JUGA:Semarak Gebyar Muharram 1445 H dengan Santuni Yatim, Salawat, hingga Pentas Seni Islam

Heru menegaskan ada sejumlah larangan dalam penggunaan logo ini.

Sumber: