Masjid Cheng Ho di Kota Palembang, Simbol Multikultural Bumi Sriwijaya yang Unik Bergaya Tiongkok

Masjid Cheng Ho di Kota Palembang, Simbol Multikultural Bumi Sriwijaya yang Unik Bergaya Tiongkok

Masjid Cheng Ho yang terletak di kota Palembang, adalah termasuk salah satu masjid bersejarah yang dibangun oleh komunitas Tionghoa muslim.--dokumen radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Kemegahan Masjid Cheng Ho di Kota PALEMBANG sungguh unik dan masuk dalam salah satu masjid bersejarah di kota ini, terkenal dengan sebutan kota empek-empek.

Masjid yang merupakan simbol multikultural bumi Sriwijaya ini dibangun komunitas Tionghoa-muslim dengan memadukan tiga kebudayaan yang berbeda.

Dari kejauhan, masjid yang terletak di Kompleks Perumahan Amin Mulia Jakabaring ini terlihat begitu mencolok.

Bangunan utamanya didominasi warna pink dengan pilar-pilar berwarna merah. Atapnya terdapat kubah berwarna hijau dengan bulan sabit dan bintang layaknya masjid-masjid di Timur Tengah.

BACA JUGA:Yuk Kenali 5 Masjid Bersejarah di Kota Palembang, Jadi Rekomendasi Wisata Religi Kamu

Sementara di keempat sudut bangunan terdapat atap berbentuk limas, salah bentuk rumah adat di Palembang, berwarna hijau.

Masjid dilengkapi dua menara serupa pagoda berwana merah, yang masing-masing diberi nama “Habluminallah” dan “Hambluminannas” –”hubungan manusia dengan Allah” dan “hubungan dengan sesama manusia”.

Masjid ini dikatakan unik, sebab kedua menara mempunyai lima tingkat, yang melambangkan shalat lima waktu dalam sehari.

Tinggi menara pun mencapai 17 meter sebagai simbol dari jumlah rakaat yang harus dikerjakan setiap Muslim dalam sehari.

BACA JUGA:KH M Syauqi MZ Safari Dakwah di Masjid Jamik Karya Bakti Pahlawan Palembang

Di lantai dasar masing-masing menara terdapat tempat wudhu. Sementara bagian luar menara dibubuhi ornamen khas Palembang berupa tanduk kambing.

Di dalam masjid, pengunjung akan mendapati warna dominan merah yang identik dengan budaya Tionghoa.

Desain daun pintu utama, pancang-pancang, dan ornamen pagar pembatas di bagian atas kian mempercantik tampilan interior masjid yang kental nuansa Tionghoa.

Di gerbang atau gapura masjid yang bergaya Tiongkok, dengan pilar merah dan atap limas berwarna kuning emas, terdapat sebuah papan nama bertuliskan “Masjid Muhammad Cheng Hoo”, lengkap dengan aksara Mandarin.

Sumber: