Rayakan Sembahyang Bacang, Kelenteng Hoei Hoen Tong Bagikan Minyak Obat, Terbuat dari 80 Jenis Tumbuhan

Rayakan Sembahyang Bacang, Kelenteng Hoei Hoen Tong Bagikan Minyak Obat, Terbuat dari 80 Jenis Tumbuhan

Menyambut puncak sembahyang bacang yang jatu pada hari ini, Kelenteng Hoei Hoen Tong membagikan minyak Kongkong atau minyak obat secara gratis --

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Menyambut puncak sembahyang bacang yang jatu pada hari ini, Kelenteng Hoei Hoen Tong atau biasa disebut Kelentang Minyak membagikan minyak Kongkong atau minyak obat secara gratis pada warga.

Mengutip koranradar.id, hadir pada sembahyang Bacang di kelenteng yang beralamat di Jalan A Kadir 13 ULU Palembang tersebut Ketua Walubi Sumsel Tjjk Harun SE SH MH, Ketua Majelis Rohaniawan Tridharma Komda Sumsel Chandra Husin,

Serta hadir juga Ketua PTITD Komda Sumsel Johny Prima, Ketua Kelenteng Hoei Hoen Tong Akhe dan pengurus Tridharma diantaranya Suwardi Kasim dan Tukino.

Ketua Majelis Rohaniawan Tridharma Komda Sumsel, Chandra Husin mengatakan ritual pembuatan dan pembagian minyak obat diadakan setiap tahun bertepatan dengan upacara acara Bakcang.

BACA JUGA:Apa Itu Sembahyang Bacang? yang Puncak Perayaannya Jatuh Pada Hari Ini Kamis 22 Juni 2023

“Iya biasanya tiap tahun namun karena selama 3 tahun terakhir di stop karena pandemi Covid dam baru tahun ini digelar kembali,” kata Chandra, Kamis, 22 Juni 2023.

Lebih lanjut Chandra menjelaskan minyak obat tersebut merupakan campuran 80 macam tumbuhan obat yang dimasak hingga mengeluarkan aroma khas yang dibagikan untuk warga secara gratis.

“Proses pembuatannya di lakukan Rabu, 21 Juni 2023 mulai pukul 20.00 wib malam melalui beberapa  kali ritual dan menghadirkan 4 orang tatung.

Setelah ritual baru minyak dimasak dan dicampur dengan 80 macam tumbuhan  obat tersebut,” ujarnya.

BACA JUGA:Catat Berikut Jadwal Sembahyang Hari Raya Tionghoa Tahun 2023

Chandra juga menjelaskan, Sembahyang Bacang dilakukan masyarakat tionghoa pada setiap tanggal 5 bulan 5 dalam kalnder Imlek, yang pada tahun ini bertepatan dengan tanggal 22 Juni 2023.

Bacang sendiri merupakan makanan tradisional masyarakat Tionghoa yang terbuat dari ketan yang dibungkus dengan daun pisang berbentuk prisma segi empat.

Biasanya bacang berisi daging, kacang merah, jamur, dan kuning telur asin.

“Bacang sering disajikan dan dikonsumsi dalam perayaan Hari Bakcang atau Hari Peh Cun,” katanya.

Sumber: