Kuatkan Ketahanan Pangan Lewat Kurban Lazismu, Berikut Biaya Penyertaannya di Tahun 2023

Kuatkan Ketahanan Pangan Lewat Kurban Lazismu, Berikut Biaya Penyertaannya di Tahun 2023

Qurban melalui Lazismu adalah unuk memperluas pemanfaatan daging kurban dengan menjalankan Program Qurban-RendangMu--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Perayaan hari raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhidjjah juga diperingati umat Islam sebagai hari raya Kurban.

Hal itu karena pada hari raya Idul Adha umat islam yang memiliki kemampuan disunnahkan untuk beribadah Kurban.

Ibadah Kurban sendiri dilakukan dengan cara menyembelih hewan biasanya di Indonesia Sapi atau Kambing, untuk nanti dagingnya di bagikan kepada seluruh warga.

Kita diperbolehkan membeli dan memotong hewan Kurban sendiri, namun biasanya hewan Kurban yang telah kita beli diserahkan melalui masjid atau panitia Kurban sekitar tempat tinggal.

BACA JUGA:Superqurban Rumah Zakat, Hadirkan Kebahagiaan Warga Kertapati Palembang

Seiring perkembangn zaman dan teknologi, berqurban dapat dilakukan dengan lebih praktis, salah satunya melalui  Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu).

Sesuai dengan tema Lazismu tahun ini "kautkan ketahanan pangan" tujuan Kurban melalui Lazismu adalah unuk memperluas pemanfaatan daging kurban dengan menjalankan Program Kurban-RendangMu, yang mencakup pengolahan dan pengalengan sebagian daging kurban.

Nantinya daging kurban yang sudah diolah dan dikemas dalam kaleng, menurut dia, bisa disimpan dalam waktu lama dan dijadikan sebagai stok bantuan kemanusiaan ketika terjadi bencana.

Karena pada saat penangan bencana membutuhkan sumber daya manusia, armada, dan logistik. Untuk itulah program ini ditujukan.

BACA JUGA: Minamas Plantation Donasikan 162 Ekor Sapi Hewan Kurban Pada Masyarakat Sekitar Oprasionalnya

Namun tidak semua daging dari sembelihan hewan kurban serahan warga diolah dan dikalengkan. Sebagian besar daging hewan kurban akan tetap dibagikan langsung kepada warga dan hanya sebagian kecil yang diolah dan dikalengkan.

Program ini tidak hanya berlaku untuk warga Muhammadiyah saja melainkan juga terbuka untuk umum.

Jadi untuk mereka yang ingin ikut Program Kurban-Rendangmu hanya menerima penyertaan dalam bentuk uang dengan nilai Rp21 juta untuk satu sapi atau Rp3 juta untuk 1/7 sapi (satu bagian kurban).

Dana yang terkumpul dalam Program Kurban-Rendangmu akan digunakan untuk membeli hewan kurban, yang akan disembelih di rumah potong hewan modern yang memenuhi persyaratan sertifikasi halal.

Sumber: