Kabar Terbaru Pemekaran Pantai Timur, Ternyata Luas Kabupaten OKI Sama dengan Provinsi Bengkulu dan Babel

Kabar Terbaru Pemekaran Pantai Timur, Ternyata Luas Kabupaten OKI Sama dengan Provinsi Bengkulu dan Babel

Peta Kabupaten OKI Sumsel termasuk kawasan Pantai Timur, yang memiliki luas sama dengan Provinsi Sumsel.-ist-


SUMSEL, RADARPALEMBANG.COM – Kabar terbaru rencana pemekaran kawasan Pantai Timur, Kabupaten OKI disampaikan Gubernur Sumsel Herman Deru.

Menurut Deru, pemekaran Pantai Timur sebagai kabupaten baru di Sumsel masih menunggu sejumlah persyaratan.

“Kalau semua persyaratan lengkap, maka segera serahkan ke Presiden. Saya mendukung penuh pemekaran kawasan Pantai Timur ini,” aku Deru, saat berkunjung ke Kecamatan Cengal Kabupaten OKI, Jumat, 2 Juni 2023.

Alasan lain, Gubenur Sumsel memberikan dukungan pemekasan kawasan Pantai Timur, karena Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memang tergolong daerah yang luas.

BACA JUGA:Fakta 38 Persen Masyarakat Sumsel Keturunan Jawa, Paling Banyak di OKU Raya

Ia memaparkan bahwa luas Kabupaten OKI mencapai 19 ribu meter persegi, hampir sama dengan luas Provinsi Bengkulu 19,9 meter persergi (data BPS RI), dan lebih besar dari luas Provinsi Babel yang hanya 16,7 meter persergi.

Pemekaran kawasan Pantai Timur ini, tambah Deru, akan  berefek kepada kegiatan ekonomi masyarakat. “Karena pelayanan daerah akan lebih cepat berkembang,” tegasnya.

Kemudian Deru melanjutkan, dengan luas yang sangat besar, Kabupaten OKI memang layak untuk dimekarkan. “Persoalan yang terjadi seperti masalah jalan rusak di Cengal, akan bisa teratasi,” beber orang nomor satu di Provinsi Sumsel ini.

Sebelumnya, Gubernur H Hernan Deru komitmen melakukan pemerataan pembangunan. Bahkan, pemerataan pembangunan tersebut lakukannya hingga ke pelosok desa.

BACA JUGA:BNNP Sumsel: Teluk Gelam OKI Layak Jadi Balai Rehabilitasi Narkoba

"Rusaknya jalan ini bukan karena kurangnya perhatian pemerintah atau kualitas jalan yang tidak layak, tapi ini karena ada aktifitas ekonomi yang meningkat pesat di wilayah ini," kata Herman Deru.

Deru menyebut, sedikitnya tercatat ada 4 ruas jalan rusak berat dan 5 jalan rusak ringan yang tersebar di beberapa wilayah seperti Kayuagung, Pedamaran Timur, Sungai Menang hingga Cengal.

"Kita inventarisir jalan di OKI sepanjang 96 Km. Kita bisa simpulkan 70 persen jalan sudah baik. Jalan yang rusak ada 4 titik rusak berat dan 5 titik rusak ringan. Totalnya 3 - 4 Km," terangnya.

Sebab itu, agar mobilitas ekonomi masyarakat dapat berjalan lancar, Herman Deru menginstruksikan Bupati OKI dan dinas terkait di lingkungan Pemprov Sumsel untuk melakukan penanganan terkait kondisi jalan tersebut.

Sumber: