Ribuan Siswa Ikut Tes Mandiri Masuk SMA di Sumsel, Pantau Kelulusan di 24 Mei 2023, Cek Kuota yang Tersedia

Ribuan Siswa Ikut Tes Mandiri Masuk SMA di Sumsel, Pantau Kelulusan di 24 Mei 2023, Cek Kuota yang Tersedia

Pelaksanan tes potensi akademik yang berlangsung di salah satu SMA di Palembang. --sumeks.co

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Hari ini, SMA Rujukan dan Reguler di Provinsi Sumsel mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2023/2024.

Peserta tes yang terdaftar ini akan memperebutkan total 61.848 kuota yang tersedia.

Kepala Bidang SMA Disdik Sumsel, Drs Joko Edi Purwanto MSi mengatakan penyelenggaran tes berlangsung di sekolah masing-masing, hasil seleksi akan diumumkan pada 24 Mei 2023.

"Jadi hanya berselang 2 hari setelah tes pengumumannya keluar, kami berharap peserta yang nantinya lulus bisa segera melakukan daftar ulang," kata Joko Edi Purwanto, dikutip Sumatera Ekspres, Senin 22 Mei 2023.

BACA JUGA:Cara Pendaftaran Online PPDB 2023/2024 di Sumsel Untuk SMA SMK, Transparan, Mudah Akuntable, Ini Langkahnya

Joko Edi Purwanto mengatakan jumlah daya tampung yang disediakan untuk SMA Negeri di Provinsi Sumsel kategori Sekolah Rujukan dan Reguler ini sebanyak 61.848 siswa.

"Ini tentu saja bagi yang tidak lulus jangan berkecil hati, karena masih banyak sekolah swasta terbaik yang bisa menjadi pilihan siswa menempuh pendidikan. Bagi peserta yang tidak daftar ulang, maka dianggap mengundurkan diri," ujar Joko Edi Purwanto.

Selain SMA lanjut Joko Edi Purwanto mengaku, hari ini juga pelaksanaan tes mandiri untuk PPDB SMK se-Sumsel.

Sementara tes minat dan bakat dijadwal pada 23-24 Mei 2023 dan pengumuman kelulusan SMK ini 29 Mei 2023.

BACA JUGA:PPDB 2023 di Sumsel Untuk SMA Unggulan Dipercepat, Ini Jadwal Lengkap dan Daftar Sekolahnya

"Peserta yang dinyatakan lulus tetap wajib melakukan daftar ulang pada 5-6 Juni 2023. Bagi yang tidak mendaftar ulang atau registrasi di sekolah yang dituju dianggap mengundurkan diri," ungkap Joko.

Sementara itu, Kasi Peserta Didik SMK Disdik Sumsel Misral SSn menambahkan seleksi jalur tes reguler mencukupi 80 persen kuota daya tampung sekolah.

Calon peserta didik baru secara perorangan atau kolektif mendaftarkan diri melalui alamat website sekolah dan mencetak bukti hasil pendaftaran.

Kemudian calon peserta didik baru dapat membawa dan menunjukkan berkas persyaratan dan bukti hasil pendaftaran online pada panitia PPDB ke sekolah tujuan untuk diverifikasi.

BACA JUGA:Hasil Seleksi PPDB Tahap 1 SMAN 3 Palembang, Jalur Zonasi Dominasi Kelulusan Siswa

"Mereka akan menerima nomor tes potensi akademik dan minat bakat. TPA meliputi pengetahuan umum secara online atau normal berupa soal pilihan ganda," jelas Misral.

Masih dikatakan Misral, adapun materi yang diujikan meliputi Bahasa Indonesia 20 soal, Bahasa Inggris 20 soal, Matematika 20 soal, IPA 20 soal, dan IPS 20 soal.

"Calon peserta didik baru yang mengikuti tes minat sesuai kompetensi keahlian yang dipilih dalam bentuk praktek yang diselenggarakan secara normal. Diatur oleh sekolah dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19," terangnya.






 

 

 

Sumber: