Cara Pendaftaran Online PPDB 2023/2024 di Sumsel Untuk SMA SMK, Transparan, Mudah Akuntable, Ini Langkahnya

Cara Pendaftaran Online PPDB 2023/2024 di Sumsel Untuk SMA SMK, Transparan, Mudah Akuntable, Ini Langkahnya

Ilustrasi penerimaan siswa baru dengan cara pendaftaran PPDB 2023/2024 secara online untuk jenjang SMA dan SMK. ----istimewa

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel akan melakukan PPDB 2023/2024 (Penerimaan Peserta Didik Baru) untuk jenjang SMA dan SMK secara online. 

Keputusan pemerintah melakukan pendaftaran online PPDB 2023 di Sumsel ini, bertujuan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada putra-putri daerah ini mendapatkan akses pendidikan yang baik. 

Kelebihan pendaftaran PPDB secara online maka  proses  seleksi penerimaan siswa di setiap sekolah  akan mudah dikontrol  sehingga menimalisir terjadinya penyimpangan.  

BACA JUGA:PPDB 2023 di Sumsel Untuk SMA Unggulan Dipercepat, Ini Jadwal Lengkap dan Daftar Sekolahnya

Tidak hanya itu, tujuan pendaftaran PPDB online adalah untuk memberikan keadilan kepada masyarakat  dan fairness dalam proses seleksi.  Semua anak usia sekolah punya hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan dan sekolah berkualitas.  

Dapat menjaga fariness dalam seleksi siswa baru di setiap sekolah merupakan salah satu kelebihan dari pendaftaran PPDB Online. Pasalnya, daya tampung sekolah  terbatas sementara peserta didik yang mau masuk sangat banyak. 

Maka dari itu, pelaksanaan seleksi siswa di setiap sekolah baik itu SMA dan SMK harus dilakukan secara objektif, akuntable dan transparan. Tidak kalah pentingnya sifat seleksi penerimaan siswa baru harus  kompetitif dan mengesampingkan sikap diskrimintif. 

BACA JUGA:Enos: Pendidikan merupakan Kebutuhan Dasar

Untuk menjawab harapan itu, salah satu solusinya adalah  pendataran PPDB 2023/2024   dilakukan secara online.  

Sistem PPDB online akan membuat seleksi siswa baru akan berlangsung secara transparan, kompetitif dan akuntable serta tidak diskriminatif. 

Kelebihan pendaftaran PPDB secara online, akan dapat menjangkau semua lapisan masyarakat. Kelebihan PPDB online lainnya adalah, orang tua sangat mudah mendaftarkan anaknya ke sekolah yang ingin mereka tuju. 

Dari dan dimana saja bisa melakukan pendaftaran dan bisa dilakukan melalui HP. Ini membuat proses pendaftaran PPDB jauh lebih efektif dan mudah. 

BACA JUGA:Mendikbudristek Nadiem Makarim Beri Bantuan Pendidikan Pasca Gempa Cianjur

Berdasarkan keputusan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, PPDB untuk jenjang SMA pada tahun 2023/2024 ada  3 jalur. 

Sumber: