Peristiwa Penting yang Terjadi Pada Bulan Ramadan, Termasuk Pristiwa Penting di Indonesai

Peristiwa Penting yang Terjadi Pada Bulan Ramadan, Termasuk Pristiwa Penting di Indonesai

Peristiwa Penting yang Terjadi Pada Bulan Ramadan--

Ayat pertama Alquran yang turun adalah surah Al alaq 1-5.

BACA JUGA:Sepele, Hal Ini Bisa Buat Puasa Batal, Kamu Harus Tau

Amalan-amalan di makan Nuzulul Qur'an

Keutamaan di malam Nuzulul Quran yaitu untuk memperoleh keberkahan dari Allah SWT dan mengharapkan diampuni segala dosa dan mendapat pahala berlipat-lipat. 

Mengutip dari kementerian Agama, sebagai ulama mengatakan amalan di malam Nuzulul Quran tidak lain adalah membaca Alquran. Dengan memperbanyak membaca Alquran di malam Nuzulul Quran akan mendapat pahala dan kemuliaan yang berlimpah. 

Amalan berikutnya melakukan itikaf, yaitu berdiam diri di masjid, sesuai ketentuan iktikaf serah yang membaca Alquran, berzikir, berdoa dan melaksanakan salat malam, seperti salat sunat tahajud, salat hajat, dan lain-lain.

BACA JUGA:5 Ide Menu Sahur dan Buka Puasa Untuk Anak Kos, Hemat Nikmat Murah Bisa Buat Sendiri

2. Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar sering disebut sebagai malam yang lebih baik dari malam seribu bulan. Pada malam inilah turunnya ayat-ayat pertama dalam Alquran kepada nabi Muhammad. 

Malam Lailatul Qadar dijuluki sebagai malam seribu bulan karena maknanya mengandung 3 arti, yaitu malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia, malam penuh kemuliaan dan malam yang sempit. 

Malam Lailatul Qadar berlangsung pada salah satu malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Namun istimewanya, tidak ada yang tahu pasti kapan datangnya lailatul qadar karena hanya rahasia Allah.

3. Perang badar 

Perang badar dikenal sebagai pertanda awal kejayaan Islam. Perang tersebut merupakan salah satu peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadan karena umat Islam berhasil melawan pasukan kafir Quraisy yang jumlahnya lebih banyak.

Perang melawan kafir Quraisy itu terdapat perbandingan pasukan muslim yang sangat besar. Pasalnya, nabi hanya membawa 313 pasukan untuk menghadapi hampir 1000 orang pasukan lawan. 

Namun atas izin Allah tentara muslim berhasil melawan pasukan kafir Quraisy. 

Sumber: