Pemkot Palembang dapat Penghargaan SPM Award 2023, Berikut 7 Penilaiannya

Pemkot Palembang dapat Penghargaan SPM Award 2023, Berikut 7 Penilaiannya

Pemkot Palembang suai menghadapi proses.--Tangkap layar Instagram/@manchesterunited

BACA JUGA:Bank Sumsel Babel Bantu UMKM Binaan Peroleh Sertifikat Halal

"Dalam penerapan SPM, jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) mempunyai peran yang sangat penting,"ungkap John Wempi Wetipo.

Keenam pelayanan dasar urusan wajib yang diserahkan pusat ke daerah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

SPM Awards 2023 ditetapkan dan diterapkan berdasarkan prinsip kesesuaian kewenangan, ketersediaan, keterjangkauan, kesinambungan, keterukuran dan ketepatan sasaran. 

SPM Awards 2023 bertujuan untuk meningkatkan komitmen Kepala Daerah dan khususnya dalam menjalankan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan mendorong Penerapan SPM di daerah dilaksanakan secara optimal.

BACA JUGA:Serda Edi Kusuma Mendapat Kaki Palsu Baru dari KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Adapun indikator yang menjadi penilaian SPM Awards 2023 yakni Indeks pencapaian SPM (IP-SPM), Komitmen Anggaran penerapan SPM Pelaksanaan sesuai dengan tahapan-tahapan dalam penerapan SPM.

Lalu Pembentukan dan keaktifan tim penerapan SPM dan Kualitas dan ketaatan terhadap pelaporan SPM secara triwulanan pada aplikasi pelaporan SPM berbasis web (e-SPM).

Untuk diketahui, adapun Provinsi yang masuk ke dalam nominasi terbaik dalam menerapkan SPM tahun anggaran 2022 di antaranya Kalimantan Utara, Jawa Barat, Sumatera Barat, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan. 

Sementara itu untuk kategori Kota terbaik dalam menerapkan SPM tahun anggaran 2022 di antaranya Tangerang, Prabumulih, Padang, Palembang dan Yogyakarta.  

 

Sedangkan untuk Kabupaten terbaik dalam menerapkan SPM tahun anggaran 2022 di antaranya; Karanganyar, Soppeng, Bogor, Klaten dan Gorontalo.

 

 

Sumber: