Panen Raya di Sungai Dua, Askolani Ajak Bangkitkan Pertanian di Banyuasin

Panen Raya di Sungai Dua, Askolani Ajak Bangkitkan Pertanian di Banyuasin

Bupati Banyuasin H Askolani panen raya padi IP200 di Desa Sungai Dua, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin.-ist-


BANYUASIN, RADARPALEMBANG.COMBupati Banyuasin H Askolani SH MH bersama Gapoktan Sabolio Desa Sungai Dua Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, melaksanakan Panen Raya Padi IP200 di lahan rawa lebak seluas 70 hektare, Rabu, 22 Februari 2023.

Panen raya bersama perdana di tahun 2023 ini, dilakukan langsung oleh Bupati bersama Kepala OPD, Kepala BPN, Camat, TNI, dan Polri setempat dengan menggunakan alat manual dengan cara mengarit.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, melihat potensi pengembangan tanaman padi di Kecamatan Rambutan berdasarkan hasil sampel ubinan pada lokasi acara panen raya sebesar 6,3 ton GKG, dengan ini mengajak pelaku usaha tani di Kecamatan Rambutan, untuk memulai dan membiasakan gerakan tanam dua kali dan bahkan tiga kali dalam setahun.

BACA JUGA:Bupati Banyuasin Resmikan Pembangunan Sekolah As Syafrilia

 

“Untuk itu, para petani harus tetap semangat, Pemerintah Kabupaten Banyuasin terus bekerja sama dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi, pada tahun 2023, memprogramkan peningkatan produksi padi dan jagung,” katanya.

Oleh karena itu, tambah Askolani, segera berkonsultasi dengan petugas lapangan yang ada seperti PPL, Kordinator BPP, Petugas Pengamat OPT dan Babinsa/Babinkamtibmas, apabila mengalami hambatan dalam pelaksanaannya.

“Terus semangat, kompak para petani, kami akan mendampingi para petani, dengan semangat dan bersinergi, insya Allah, mudah-mudahan Banyuasin menjadi penghasil padi nomor satu di Indonesia ke depan,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian TPH Sumsel melalui Kepala UPTD Balai Perlindungan Tanaman Tuti Murti mengatakan, hasil produksi beras di Sumsel pada tahun ini meningkat sebesar 8 persen dari tahun 2021.

BACA JUGA:Askolani Makan Bakso Buatan Warga Srikaton

 

“Sebagian besarnya peningkatan ini disumbang oleh kabupaten Banyuasin, yang peningkatannya mencapai 8.000 ton, harapannya di 2023 bisa lebih meningkat,” jelas Tuti.   

Sementara itu, anggota DPRD Banyuasin Arisa Lahari SH, mengapresiasi dan mendukung penuh langkah Pemkab Banyuasin yang berkaitan menunjang pertanian yang ada di Banyuasin.

“Tentunya kami dari DPRD akan selalu mensupport, jika ada peruntukan anggaran bantuan untuk petani,” tegasnya.

Sumber: