Harga Pangan Pokok Mulai Merangkak Naik di Pasar Tradisional Kota Palembang

Harga Pangan Pokok Mulai Merangkak Naik di  Pasar Tradisional Kota Palembang

Harga daging ayam di Palembang turun di harga Rp25 ribu per kilo sepekan ini, setelah sebelumnya sempat menyentuh harga Rp30 ribu per kilo.--sumeks.co

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Memasuki bulan puasa yang sebentar lagi tiba, harga sejumlah pangan pokok mulai merangkak naik, seperti pantauan di awal pekan ketiga bulan Maret.

Meskipun kenaikan harga tidak begitu signifikan saat ini, namun dikhawatirkan agak terus naik hingga puasa nanti, yang dimulai pada 23 Maret 2023.

Harga tersebut berdasarkan pantauan di beberapa pasar tradisional, seperti Pasar Sekip Ujung, Pasar Ariodillah Pahlawan, Pasar KM5 dan Pasar Sekip Semai.

Yang terus naik itu seperti cabai merah keriting, cabe rawit, cabe burung, bawang merah dan bawang putih.

BACA JUGA:Demi Wujudkan Pegawai Disiplin dan Berkualitas, Wawako Palembang Bakal Keliling OPD

Begitu juga dengan harga daging ayam ras semula dijual Rp26 ribu pada beberapa hari lalu, kini naik Rp27 ribu-Rp28 ribu per kilogram.

Cabai merah keriting Rp38 ribuper kilogram pada beberapa hari lalu, kini naik menjadi Rp45 ribu.

Cabe rawit dari harga Rp53 ribu per kilogram sekarang naik di Rp80 ribu per kilogram.

Begitu juga dengan harga bawang merah dan putih mengalami kenaikan, semula Rp32 ribu per kilogram, naik menjadi Rp38 ribu per kilogram.

BACA JUGA:Jelang Puasa, Harga Emas Turun Lagi di Palembang, Berapa per Suku Hari Ini?

Adapun harga komoditas yang stabil yakni telur ayam tetap di harga Rp25 ribu per kilogram. Komoditas cabai rawit pada beberapa hari lalu Rp50 ribu per kilogram, kini tetap pada harga yang sama.

Cabai burung pada beberapa hari lalu Rp60 ribu per kilogram, kini tetap pada harga yang sama.

Pedagang Pasar Sekip Ujung, Viktor membenarkan adanya kenaikan untuk harga komoditas tertentu.

"Ya cabai dan bawang merah mengalami kenaikan. Bawang putih juga, biasanya ini faktor menjelang puasa, tapi tidak begitu signifikan," ungkapnya.

Berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perternakan Provinsi Sumsel, harga lain yang juga masih stabil antara lain harga daging sapi yaitu Rp140 ribu per kilogram. 

Gula pasir kemasan sebesar Rp 13.500, minyak goreng kemasan sederhana mulai harga Rp15 ribu per 1 liter,  beras premium Rp12 ribu per kilogram dan beras medium Rp10 ribu per kilogram.


 

Sumber: