Pemberian THR PNS Idul Fitri 2023, Pemerintah: Pasti Cair Anggaran Sudah Tersedia Tunggu Pengumuman Presiden

Pemberian THR PNS Idul Fitri 2023, Pemerintah: Pasti Cair Anggaran Sudah Tersedia Tunggu Pengumuman Presiden

Ilustriasi pemberian THR PNS untuk idul fitri 2023. ---- istimewa

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Pemerintah memastikan akan tetap memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) Untuk Pengawai Negeri Sipil (PNS) TNI dan Polri dan para pensiunan pada lebaran Idul Fitri 2023/1414 Hijriah.  Anggaran sudah tersedia saat ini tinggal menunggu pengumuman oleh presiden. 

Pemberian THR Idul Fitri PNS/ASN  anggarannya sudah diketok oleh DPR bersama pemerintah. Total dana untuk THR dan Gaji ke013 PNS/ASN yang sudah dianggarkan dalam Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2023 , adalah sebesar Rp156,4 Triliun. 

Melansir dari laman kemenkeu.go.id,  anggaran sebesar 156,4 triliun untuk masuk dalam pos program pengelolaan transaksi khusus. 

BACA JUGA:Tujuan Bansos Sembako 2023 Untuk 3 Bulan, Jaga Daya Beli Selama Ramadhan dan Idul Fitri dan 2 Bulan Berikutnya

Menrut  Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatawarta mengatakan,  anggaran itu selain untuk gaji ke-23 PNS/ASN, TNI dan POlri juga akan dimanfaatkan untuk membayar jaminan kesehatan. 

‘’THR PNS untuk Idul Fitri 2023 pasti akan diberikan. Setiap tahun pemerintah pasti mengalokasikan anggaran untuk THR PNS dan masuk dalam APBN. Kapan waktunya, nanti presiden atau yang ditunjukkan presiden akan mengumumkan,’’ujar Isa Rachmatawarta. 

BACA JUGA:Tujuan Bansos Sembako 2023 Untuk 3 Bulan, Jaga Daya Beli Selama Ramadhan dan Idul Fitri dan 2 Bulan Berikutnya

Kendati demikian, apakah nilai THR Idul Fitri tahun 2023 ini akan sama besarnya dengan Idul Fitri 2022?  Isa belum dapat memastikan. Menurutnya, saat ini pemerintah sedang menggodoknya skema dan aturan pemberian THR itu. 

Bila melihat pada skema pencarian THR Idul Fitri PNS  2022,  dana itu dicairkan 2 pekan menjelang lebaran. Diperkirakan, THR PNS Idul Fitri 2023, termasuk untuk TNI, Polri dan pensiunan  juga akan cair  2 pekan menjelang lebaran, tepatnya pada pertengan April 2023. 

‘’Pada Lebaran Idul Fitri 2022 lalu, pemerintah mengalokasikan dana untuk THR PNS, TNI dan Polri sebesar Rp34,3 triliun untuk THR PNS, TNI/Polri.

BACA JUGA:Alokasi Bansos Sembako Ramadhan dan Idul Fitri 2023 Untuk 21,6 Juta KK, Cek Syarat dan Penerima di Sini

Pemerintah punya kepentingan dalam pemberian THR untuk PNS/ASN untuk lebaran  2023 yaitu sebagai stimulus untuk menjaga daya beli masyarakat dan pengendalian inflasi. 

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pemerintah memanfaatkan momentum lebaran Idul Fitri sebagai pengungkit pergerakan sektor rill sehingga pertumbuhan ekonomi tetap poisitf. 

Saat Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri, masyarakat akan berbelanja barang-barang kebutuhan mulai dari pangan dan pakaian. 

Sumber: