Pemberian THR PNS Idul Fitri 2023, Pemerintah: Pasti Cair Anggaran Sudah Tersedia Tunggu Pengumuman Presiden

Pemberian THR PNS Idul Fitri 2023, Pemerintah: Pasti Cair Anggaran Sudah Tersedia Tunggu Pengumuman Presiden

Ilustriasi pemberian THR PNS untuk idul fitri 2023. ---- istimewa

Dalam menjaga daya beli dan pengendalian inflasi,  pemerintah juga telah memutuskan memberikan bantuan sosial (Bansos) Pangan atau bansos sembako untuk Ramadhan dan Idul Fitri 2023. 

BACA JUGA:Persediaan Pangan Selama Ramadhan dan Idul Fitri 2023, Wawako Palembang:Beras Aman, Persediaan Daging Cukup

Bansos sembako itu akan diberikan kepada penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Bansos pangan itu, akan diberikan kepada 21,6 juta penerima manfaat dan akan berlanjut 2 bulan setelah lebaran Idul Fitri 2023, yatu April dan Mei. 

Pemberian THR bagi PNS dan pemberian Bansos Sembako 2023, adalah dua paket  yang diyakini dapat menjaga daya beli dan inflasi agar tidak naik. 

BACA JUGA:Permintaan Daging, Biasanya 15 Ton Sehari, Nanti 50 Ton Selama Ramadhan

Oleh karena itu, pemerintah telah memasukkan  pemberian THR kepada PNS/ASN, TNI, Polri dan pensiunan KEM PPKF  2023 (Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal).

Pemberian THR bagi PNS/AS itu merupakan sebuah stimulus untuk menjaga pertumbuhan ekonomi. 

Pemberian THR memiliki daya ungkit yang luar biasa  untuk menggerakkan sektor  riil. Masyarakat akan berbelanja karena memiliki uang.  

Pemerintah bersama DPR juga telah menetapkan belanja pegawai untuk tahun 2023 meningat sebesar 3,3 persen. Pada tahun 2022 total belanja pegawai sebesar Rp249,1 triliun meningkat menjadi Rp257,2 triliuan pada 2023. (yui)

 

Sumber: