Banjir Lahat, Warga Desa Curup PALI Siaga

Banjir Lahat, Warga Desa Curup PALI Siaga

Kondisi Desa Curup Kecamatan Tanah Abang, PALI, yang mulai siaga banjir.-maman/radar palembang-


PALI, RADARPALEMBANG.COM – Banjir Lahat akan berdampak ke sejumlah daerah. Salah satunya Desa Curup, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI, yang mulai menerapkan status siaga.

Kepala Desa Curup M Tisar, biasanya apabila daerah hulu sungai Lematang meluap, seperti di Lahat atau Muara Enim, selang beberapa hari Desa Curup mendapat kiriman.

"Desa kami merupakan daerah terendah di Kabupaten PALI yang letaknya persis di pinggir sungai Lematang. Hari ini banjir menerjang Kabupaten Lahat. Untuk itu, kami mengeluarkan himbauan agar masyarakat siaga untuk hadapi banjir kiriman," ujar Kades Tisar, Kamis, 9 Maret 2023.

BACA JUGA:Perkembangan Banjir Bandang di Jarai Lahat, Warga Histeris, Debit Air Sungai Lematang Sentuh Bibir Jembatan

 

Kades juga menyarankan warganya agar mengevakuasi kendaraan bermotor ke tempat yang lebih tinggi. "Terutama yang rumahnya dekat dengan bibir sungai, untuk menghindari kendaraannya terendam, dari sekarang evakuasi ke tempat yang lebih tinggi," sarannya.

Tisar akui,  pada pekan lalu desanya baru saja terendam akibat curah hujan cukup tinggi. "Ada ratusan rumah terendam pekan lalu, tapi untuk kondisi air saat ini sudah surut. Namun dengan adanya kabar Lahat banjir, kami kembali siaga," terangnya.

Sementara itu, Kabid Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bencana BPBD Kabupaten PALI, Kartika Sari Anwar menyebut, pihaknya terus monitoring kondisi air sungai Lematang.

BACA JUGA: Update Kondisi Banjir Bandar di Jarai Lahat, AIr Deras Hanyutkan Podok Lesehan

 

Ia juga menyebut terus berkoordinasi dengan kepala desa yang wilayahnya dekat dengan Sungai Lematang. Karena biasanya, apabila wilayah Lahat atau Muara Enim banjir, Desa Curup juga desa desa dekat sungai Lematang terkena banjir kiriman.

"Bukan hanya Curup,  beberapa desa juga menjadi wilayah langganan banjir. Untuk itu, kami telah sampaikan imbauan kepada kepala desa yang wilayahnya berada tak jauh dari sungai Lematang agar terus berkoordinasi dengan BPBD," katanya.

Sebagai kepedulian pemerintah Kabupaten terhadap kesulitan warga yang terdampak banjir, Kartika Sari menyatakan pihaknya BPBD bersama Dinsos PALI besok akan membagikan bantuan sembako.

"Besok kami akan ke Desa Curup untuk membagikan bantuan. Yang mudah-mudahan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir pekan lalu," harapnya.(*)




Sumber: