PTBA Bangun Waterpark Seluas 3.994 Meter, Wujudkan Tanjung Enim Sebagai Kota Wisata

PTBA Bangun Waterpark Seluas 3.994 Meter, Wujudkan Tanjung Enim Sebagai Kota Wisata

Waterpark yang dibangun PTBA di Tanjung Enim menjadi destinasi wisata baru dalam upaya mewujdkan kota wisata. -parman/radar palembang.-

LAHAT, RADARPALEMBANG.COM - Destinasi wisata hiburan Waterpark Seluas 3.994 meter persegi di Tanjung Enim kabupaten Muara Enim menjadisalah satu bukti keseriusan PT Bukit Asam berkontribusi dalam pembangunan.

Lokasi wisata yang ditawarkan tak tanggung-tanggung, selain fasilitas yang mewah harga yang ditawarkan terjangkau sehingga diyakini sektor wisata Waterpark akan mampu membantu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Direktur utama PT BA Arsal Ismail saat Launching Waterpark mengatakan, adanya pembangunan sektor wisata baru di Tanjung Enim bertujuan untuk membantu masyarakat khususnya pembangunan sektor wisata dikabupaten Muara Enim. Sehingga warga tidak perlu harus pergi keluar daerah untuk mencari tempat liburan atau rekreasi.

BACA JUGA:4 Pebalap Astra Honda Motor Ramaikan Kejurnas Mandalika

‘’PTBA dan Pemkab Muara Enim telah mencanangkan program Tanjung Enim sebagai Kota Wisata. Pembagunan waterpark ini merupakan bagian dari program ini. Diharapkan, destinasi wisata baru akan mampu mendongkrak ekonomi rakyat,’’ujarnya.

Dijelaskan Arsal, pembangunan Klawas Waterpark dimulai pada Oktober 2019 dengan Luas bangunan di dalam area Waterpark sebesar 3.994 m2.

Fasilitas di dalam area Waterpark  cukup lengkap, mulai dari ruang ganti/bilas, mushola hingga  taman hias.

Selain itu,  Waterpark  juga dilengkapi dengan water playground dan kolam penerima serta main entrance. Semua fasilitas itu akan membuat pengunjung nyaman.’’

BACA JUGA:Aturan, Syarat Mudik Lebaran Idul Fitri 2023, Pemudik Wajib Vaksin Booster, Beli Tiket Ferry Hanya Online

"Klawas Waterpark buka setiap hari dari Senin-Minggu dengan harga tiket per orang Rp25 ribu. Destinasi ini dapat dibangun karena mendapat dukungan dari warga dan pemerintah. Terima kasih atas apresiasi dan dukungan ituimbuhnya.

Menurut Arsal,  pembangunan Waterpark  telah melalui kajian sustainability. Menhadirkan destinasi wisata baru merupakan bagian dari komitmen PTBA melestarikan lingkungan yang berklanjutan.

Selain itu, menjadi bagian dari PTBA dalam memberdayakan ekonomi masyarakat di sekitar tambang.  Harapan kita adalah, Waterpark itu akan menjadi pemantik peningkatan ekonomi masyarakat di bidang kepariwisataan.

BACA JUGA:Wamen BUMN Sebut Gangguan Teknis Sebab Depo BBM Plumpang Terbakar

‘’Saya berharap, keberadaan waterpark akan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan sektor Tanjung Enim.  Sekali lagi pembangunan objek wisata ini merupakan bagian dari  mewjudkan Tanjung Enim Kota Wisata,’’ujar Arsal.

Wilayah Tanjung Enim termasuk dalam wilayah areal tambang PTBA. Pihak manajemen menginginkan areal tambang itu menjadi destinasi wisata yang hidup dan terus berkembang.

BACA JUGA:Jumlah Pengungsi 1.085 Orang, Dampak Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara, Ini Langkah Mensos Risma

Untuk mewujudkan itu, PTBA telah membangun berbagai infstruktur penunjang agar destinasi wisata Tanjung Enim berkembang secara berkelanjutan.

Beberapa infrastruktur sebagai penunjang pariwisata yang telah dibangun seperti Taman Sriwijaya Museum Batu Bara. Selain itu juga ada  Pusat Kuliner di Tanjung Enim.

Tidak kalah pentingnya adalah pembangunan sarana dan prasana untuk Mini Zoo dan Jogging Track. ‘’Kini juga sudah ada  Plaza Saringan yang ikonnya adalah sejenis senjata leluhur Tanjung Enim, berupa Tombak Kujur,’’pungkasnya. (man)

 

Sumber: