Daftar Penyakit Berat Tanggungan BPJS Sesuai Permenkes No 3 Tahun 2023, Transplantasi Hati Hingga Jantung

Daftar Penyakit Berat Tanggungan  BPJS Sesuai Permenkes No 3 Tahun 2023, Transplantasi Hati Hingga Jantung

Suasana sosialisasi dan pernyataan anti gratifikasi ke rekanan, BPJS Kesehatan Cabang Palembang di ruang rapat Kantor Cabang, Selasa 31 Januari 2023--dok/radar palembang

14.Imunisasi rutin.

15.Pemeriksaan fisik balita untuk stunting dan wasting.

16.Skrining kesehatan.

Pelaksanaan Permenkes No 3 2023 Diperkuat Surat Edaran Menkes No 5 2023

Menteri Kesehatan Gunadi G Sadikin, selain mengeluarkan Permenkes No 3 Tahun 2023, juga mengeluarkan  surat edaran (SE)  untuk tenaga medis yang bertugas di rumah sakit seluruh Indonesia.  

BACA JUGA:Kolaborasi BPJS Sumbagsel Dengan Kilang Pertamina Plaju, Berdayakan Kelompok Disabilitas

Surat Edaran itu adalah No Nomor HK.02.01/MENKES/5/2023 tentang Penataan Pelayanan Kesehatan Bagi Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis dan Dokter Subspesialis/Dokter Gigi Subspesialis yang bertugas di rumah sakit melalui shared competency di rumah sakit. 

‘’Keputusan ini merupakan respon cepat dari pemerintah untuk mengatasi persoalan klaim pelayanan antar tenaga kesehatan. Surat edaran ini juga bertujuan agar implementasi Permenkes No 3 Tahun 2023 terlaksana dengan baik hingga level tindakan medis,’’ujarnya, mengutip dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id

Menurutnya, aturan dalam surat  edaran merupakan bagian dari pentaan 514 Rumah Sakit yang ada di Kabupaten/Kota. 

BACA JUGA:Modal KTP dan BPJS Bisa Dapat Saldo DANA Rp4,2 Juta, Buruan Simak Caranya Berikut

Setelah itu, harapannya adalah  para medis di rumah sakit itu dapat fokus dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.  

‘’Layanan kesehatan itu sesuai dengan kebutuhan   sesuai spesialistik serta subspesialistik. Termasuk juga dalam penggunaan sarana, prasarana dan alat kesehatan,’’ujarnya.

Gunadi S Sadikin pun memerintahkan  para Drektur Rumah  Sakit seluruh Indonesia menerapkan shared competency. Tujuannya adalah mengutamakan aspek kesehatan dan keselamatan pasien . 

BACA JUGA:Sukses Penyelenggaraan Program JKN, BPJS Kesehatan Pertahanan Predikat WTM Ke-8

Dalam SE  itu,  Mentri Kesehatan  menegaskan dalam menerapkan shared competency,  dokter spesialis/dokter gigi spesialis, dokter subspesialis/dokter gigi subspesialis dan/atau dokter spesialis/dokter gigi spesialis  yang punya kewenangan melakukannya. 

Sumber: