Jelang Perayaan Cap Go Meh, 6 Ponton Terpasang di Pulau Kemaro

Jelang Perayaan Cap Go Meh, 6 Ponton Terpasang di Pulau Kemaro

Pantauan radarpalembang.com, Selasa 31 Januari 2023, ponton sudah terpasang menuju Pulau Kemaro jelang perayaan puncak Cap Go Meh 3-4 Februari 2023-Salamun Sajati-doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Jelang perayaan puncak Cap Go Meh pada Jumat dan Sabtu, 3-4 Februari 2023, Pulau Kemaro telah bersiap.

Dalam Pantauan Radar Palembang.Com, Jelang perayaan puncak Cap Go Meh, sepanjang 180 meter jembatan penghubung Pulau Kemaro telah terpasang, Selasa 31 Januari 2023. 

Jembatan penghubung untuk menyambut perayaan puncak Cap Go Meh dari titik awal penyeberangan Pabrik Terigu Bogasari yang berlokasi di jalan Intirub Kelurahan Sei Selayur Kecamatan Kalidoni, Kota Palembang menuju Pulau Kemaro. 

Terpantau sebanyak 6 ponton berukuran 30 meter (Kapal Besi Tongkang) untuk memeriahkan puncak perayaan malam Cap Go Meh di Pulau Kemaro.

BACA JUGA:Cuaca Terang Saat Perayaan Imlek di Palembang, Cap Go Meh 2023 Tanggal Berapa? Cek Infonya Disini

Perayaan Cap Go Meh pada tanggal 3-4 Februari 2023, telah di siapkan diperkirakan ratusan  warga keturunan Tionghoa diperkirakan akan memadati pada puncak perayaan," ungkap Ketua Walubi Sumsel Tjik Harun, Selasa 31 Januari 2023.

Di Pulau Kemaro, sambung dia, persiapan panitia perayaan Cap Go Meh telah mencapai 90 persen, dimana berbagai persiapan dari akses jalan menuju lokasi, pemasangan jembatan penyeberangan poonton, tenda, stand UMKM, berbagai pernak-pernik peralatan ibadah, dan hiburan musik masyarakat 

Harun juga menjelaskan tentang Cap Go Meh yang merupakan puncak perayaan Imlek yang yang dirayakan oleh masyarakat keturunan Tionghoa yang tersebar di berbagai penjuru dunia termasuk di Indonesia. 

“Tetap menjaga kearifan lokal, salah satu tenda masih terbuat dari dahan pelepah daun nipah yang memiliki sejarah tersendiri sehingga menjadi daya tarik untuk para turis lokal dan internasional,"katanya.

BACA JUGA:Tiap Tahun Rutin Ritual Cap Go Meh

Untuk pengamanan telah berkoordinasi dengan pihak TNI, Polri dan Dinas Perhubungan Kota Palembang. 

“Adapun sejarah perayaan Cap Go Meh sudah dilakukan sejak ratusan tahun bahkan ribuan tahun yang lalu, Cap Go Meh menurut penanggalan China dirayakan pada hari ke 15 atau awal bulan purnama pertama yang muncul di tahun itu,”ujarnya.

Sumber: