7 Ponton dan 1000 Lampion Telah Terpasang, Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro Siap Digelar

7 Ponton dan 1000 Lampion Telah Terpasang, Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro Siap Digelar

Jelang perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro Palembang 7 ponton (Kapal tongkang) dan 1000 lampian telah terpasang--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Jelang perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro Palembang 7 ponton (Kapal tongkang) dan 1000 lampian telah terpasang.

Pemasangan 7 ponton tersebut sudah berlangsung sejak Senin, 19 Februari 2024. Selain itu ribuan lapion juga telah nampak menghiasi mulai dari pintu masuk, pagoda, area UMKM dan hampir semua sisi pulau Kemaro.

Pemasangan 7 ponton ini bertujuan agar nantinya wisatawan yang ingin merayakan Cap Go Meh di Pulau Kemaro dapat menyeberang dengan hanya berjalan kaki tanpa harus menggunakan ketek (Perahu kayu khas Palembang),

Selain itu puluhan stand UMKM juga sudah mulai terisi dan siap meramaikan perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro Palembang.

BACA JUGA:5 Rezeki Keberuntungan Melimpah saat Sembahyang Cap Go Meh, Apa Saja?

"Hari ini jembatan ponton sudah terpasang dan sudah bisa dilalui wisatawan ataupun umat yang ingin beribadah ke kelenteng," kata Tjik Harun, panitia Cap Go Meh di Pulau Kemaro, Selasa, 20 Februari 2024.

Sepanjang perayaan Cap Go Meh nantinya, wisatawan akan dihibur dengan pertunjukan barongsai dan kesenian tradisional Tionghoa lainnya. Namun untuk wayang orang, kata Harun, ditiadakan tahun ini.

"Iya khusus wayang orang, wayang China, tidak ada tahun ini. Namun kami masih menyediakan pertunjukan menarik lainnya di lokasi nantinya," jelasnya.

Setiap tahunya pada perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro Palembang memang selalu di pasang ponton untuk memudahkan para wisatawan yang akan berkunjung.

Saat ini persiapan yang dilakukan panitia bisa dibilang sudah 90 persen rampung dan hanya berfokus pada perbaikan infrastruktur seperti perbaikan lantai keramik yang rusak.

BACA JUGA:Catat Tanggal Perayaan Cap Go Meh Tahun 2024, Pulau Kemarau jadi Pusat Wisata di Palembang

"Sudah 90 persen lebih persiapan kita menyambut Cap Go Meh, karena jembatan ponton sudah terpasang.

Tinggal kita atur penataan di ponton itu, pasang tenda dan lampu, jadi secara tidak langsung sudah kita anggap sudah maksimal mendekati hari H Cap Go Meh," kata Harun.

Sedangangkan untuk persiapan Cap Go Meh tahun ini di Pulau Kemaro masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dan karena dalam kondisi musim hujan ada beberapa persiapan lebih yang dilakukan.

Sumber: