Topik Kuliah Merdeka 2.0, Kilang Pertamina Plaju Ajak Mahasiswa Tahu Pentingnya Pengurangan Emisi Karbon

Topik Kuliah Merdeka 2.0, Kilang Pertamina Plaju Ajak Mahasiswa Tahu Pentingnya Pengurangan Emisi Karbon

Rangkaian kegiatan Kuliah Merdeka 2.0 atau Kuliah Merdeka Pertamina oleh Kilang Pertamina Plaju yang melibatkan mahasiswa di Sumsel. Foto terkait sesi ikut demo penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Rabu 25 Januari 2023.--Doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Kilang Pertamina Plaju mengajak mahasiswa untuk tahu betapa pentingnya pengurangan emisi karbon, ini topik utama dalam bahasan di Kuliah Merdeka 2.0.

Edukasi ini dilakukan Kilang Pertamina Plaju melalui Kuliah Merdeka 2.0 atau Kuliah Merdeka Pertamina bertema Kurangi Emisi Karbon menuju Kilang Low Emission yang diselenggarakan pada Rabu 25 Januari 2023.

Mahasiswa sebagai kalangan muda dan terdidik menjadi salah satu sasaran utama di Kuliah Merdeka 2.0 atau Kuliah Merdeka Pertamina oleh Kilang Pertamina Plaju dalam upaya meminimalisasi produksi emisi. 

Peneliti Biodiesel Universitas Sriwijaya (Unsri) Susila Arita, Sabtu 28 Januari 2023 mengatakan penggunaan fosil sebagai bahan baku energi masih sangat menguntungkan. 

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Edukasi Pengurangan Emisi Karbon ke Mahasiswa di Kuliah Merdeka 2.0

Namun, sambung dia, demi mengurangi dampak negatif lingkungan, proses energi harus menggunakan teknologi yang dapat mengurangi produksi CO2.

"Sehingga demi mencapai itu harus ada peran aktif  dari berbagai pihak, termasuk mahasiswa karena mahasiswa ini nantinya sebagai calon penerus," ujar Susila.

Koordinator Pelayanan dan Pengawasan Usaha Direktorat Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBT) Kementerian ESDM RI Mustafa Ali, Sabtu 28 Januari 2023 mengatakan peran mahasiswa ini penting dalam program penurunan emisi karbon. 

"Dalam skala kecil dapat menerapkan perilaku efisiensi energi dengan menghemat energi, secara luas dengan membuat start up atau industri yang selaras dengan program penurunan emisi," jelas dia.

BACA JUGA:Kolaborasi Kilang Pertamina Plaju dan SPP RU III Ciptakan Kaderisasi Pekerja Unggul

Ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET), Ridwan Kamil, Sabtu 28 Januari 2023 menyambut baik kegiatan yang digelar berkat Kilang Pertamina Plaju kerja sama dengan Society of Renewable Energy (SRE) Universitas Sriwijaya. 

Terkait kegiatan Kuliah Merdeka 2.0 atau Kuliah Merdeka Pertamina oleh Kilang Pertamina Plaju, dirinya beri dukung semua upaya untuk pengurangan emisi akan membuat karbon juga semakin sedikit. 

"Dukungan perusahaan pada upaya dari bidang keilmuan dapat menghasilkan terbosan-terobosan untuk mengurangi kadar emisi dari pola energi eksisting sampai menyiapkan cetak biru energi bagi masa depan lewat inovasi,"jelas dia.

Pelaksanaan Kuliah Merdeka Kurangi Emisi Karbon menuju Kilang Low Emission ini menjadi komitmen Kilang Pertamina Plaju dalam mengimplementasikan aspek ESG (Environmental, Social dan Governance).

Sumber: