Ingat 4 Hal ini! Saat Kita Tersesat Di Gunung atau Hutan Belantara

Ingat 4 Hal ini! Saat Kita Tersesat Di Gunung atau Hutan Belantara

Hal yang harus dilakukan Saat Kita Tersesat Di Gunung atau Hutan Belantara--okes.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Mendaki gunung adalah olahraga alam bebas yang digemari oleh banyak orang khususnya bagi para pecinta alam.

Namun banyak hal yang perlu diwaspadai mengingat mendaki gunung adalah olahraga yang bersentuhan langsung dengan alam bebas.

Kendati telah melakukan persiapan yang matang hal buruk dapat terjadi kapan saja saat kita berada di alam bebas.

Itulah kenapa pentingnya para pendaki gunung memiliki ilmu navigasi dan survival yang matang saat melakukan pendakian gunung atau berkemah di hutan belantara.

BACA JUGA:Cari Bibit Atlet Handal, Fauzi Amro Gelar Turnamen Voli di Sukarame Palembang

Ada 4 hal dasar yang harus selalu diingiat  saat tersesat di gunung atau hutan belantara. Adapun hal dasar tersebut adalah kita harus mengingat rumus STOP (Stop-Thinking-Observation-Planning).

Apa itu STOP?,  berikut penjelasanya.

1. Stop (Berhenti)

Apabila dirasa kita telah salah melangkah dan tersesat saat mendaki gunung atau saat menjelajah hutan belantara hal pertama yang harus kita lakukan adalah Stop atau berhenti.

BACA JUGA:Peta Tim Terkuat Bola Voli Proliga 2023, Ternyata Milik Presiden RI ke-6 Yakni SBY

Kenapa harus berhenti, sebab apabila kita meneruskan perjalanan sementara kita sendiri merasah salah arah atau tidak mengetahui rute mana yang benar untuk kita ambil sebaiknya kita berhenti agar tidak tersesat lebih jauh dari rute yang sebenarnya.

Berhentelah di lokasi yang kita anggap aman semisal di pinggir aliran sungai atau di bawah pohon besar. Hal tersebut akan mempermudah kita untuk kembali menemukan arah atau mengingat rute yang harus kita ambil.

Dan tentunya akan memudahkan para tim pencari untuk menemukan kita.

2. Thinking (Berpikir)

Sumber: