Bosen Ngemal, Ajak Ananda Belajar Budaya Palembang di Rumah Limas

Bosen Ngemal, Ajak Ananda Belajar Budaya Palembang di Rumah Limas

Rumah limas Palembang yang berada di Jl Demang Lebar Daun yang bisa menjadi alternatif belajar budaya.-dok radar palembang-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – PALEMBANG sebagai kota metropolis banyak memiliki alternatif tempat berwisata. Kalau sudah bosen pergi ke mall, saatnya ajak anak Anda berkunjung ke rumah limas, untuk belajar budaya PALEMBANG.

Rumah limas dalam budaya Palembang mempunyai makna filosofis yang mendalam. Seluruh bagiannya terbuat dari kayu.

Sesuai dengan namanya, rumah limas mempunyai bentuk limasan dengan gaya panggung.

Tiap ruangan diatur dengan menggunakan filosofi kekijing.

BACA JUGA: Sensasi Gurihnya Abon Gabus, Sambal Lingkung Ini Wajib Dicoba

Dalam kekijing terdapat lima tingkatan ruangan yang diatur berdasarkan penghuninya, yaitu usianya, jenis kelamin, bakat, pangkat, dan martabat.

Soal budaya adat ini, bisa dilihat saat berkunjung ke rumah limas di Jalan Demang Lebar Daun No 51 depan RS Bunda Palembang. Bangunan ini adalah icon wisata heritage Kota Palembang.  

Masyarakat atau tamu dari luar yang ingin berwisata budaya sambil mengenal adat khas Palembang bisa mendatangi rumah milik KH A Aziz Hamid ini.  

Sebelumnya rumah limas tersebut hanya dibuka untuk kalangan khusus dan terkesan eksklusif. “Sekarang Rumah Limas Palembang ini dibuka untuk umum,” kata Aziz.

BACA JUGA:Ibu Anak Melukis di Payung, Lomba IGTK Bukit Kecil, Berikut Pemenangnya

Dia mengatakan rumah limas Palembang yang telah berusia puluhan tahun ini menjadi tempat wisata budaya terbaru di Kota Palembang.

Terdiri dari dua lantai, lantai pertama dijadikan tempat pusat oleh-oleh khas Palembang.

Sedangkan lantai dua sebagai tempat koleksi pernak-pernik khas Palembang seperti songket, pelaminan khas Palembang, kamar pengantin khas Palembang, serta penyewaan pakaian adat pengantin Palembang.

Selain sebagai tempat koleksi pernak-pernik khas Palembang di lantai ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk berfoto-foto.

Sumber: